30 Wisata Kuliner Surabaya Legendaris dan Enak Rek!

Kota Surabaya merupakan ibu kota dari Provinsi Jawa Timur. Surabaya ini menjadi pusat pemerintahan sekaligus perekonomian dari Provinsi Jawa Timur. Bisa dibilang juga, kota ini adalah yang terbesar di Jawa Timur. 

Sebagai salah satu kota besar yang ada di Jawa Timur dan bahkan bisa dibilang yang terbesar, tentu saja ada cukup banyak hal yang bisa kamu temukan. Salah satunya adalah berbagai jenis tempat wisata. 

Nggak hanya tempat untuk rekreasi atau tempat untuk berlibur saja, ada juga tempat wisata kuliner Surabaya yang siap buat menggoyang lidahmu dan siap untuk mengenyangkan perut. 

Saking banyaknya, mungkin kamu bakal bingung nih untuk memilih tempat wisata kuliner mana yang bakal dikunjungi lebih dulu di Surabaya. Tapi, kami udah merangkum beberapa tempat yang cocok banget buat kamu kunjungi. 

Beberapa tempat yang bakal kami rekomendasikan, selain sudah cukup dikenal di Surabaya juga menawarkan cita rasa yang nggak akan gagal bikin kamu untuk punya selera makan lagi dan lagi. 

Wisata Kuliner Surabaya Terkenal

Nah biar nggak bingung ketika ingin menjajal wisata kuliner di Surabaya, kamu bisa membaca beberapa rekomendasi tempat wisata dari kami ini. Yakin banget deh nggak bakal kecewa. Yuk, cek rekomendasinya di sini: 

1. Rujak Cingur Genteng Durasim

rujak cingur genteng durasim
Rujak Cingur Genteng Durasim
  • Harga: Mulai dari Rp 30.000 per porsi
  • Lokasi: Jl. Genteng Durasim No.29, RT.001/RW.05, Genteng, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60275
  • Jam buka: Selasa – Minggu jam 11.00 – 17.00 WIB

Pertama, kami akan merekomendasikan Rujak Cingur Genteng Durasim. Lokasi wisata kuliner di Surabaya ini berada di Jl. Genteng Durasim. Yap, nama jalan yang mereka tempati sebagai lokasi berjualan menjadi nama dari tempat jual rujak cingur ini. 

Tentu saja, setiap penjaja kuliner dan petualang rasa wajib banget untuk pergi ke sini. Apalagi jika kamu hanya sempat pergi satu dua hari di Surabaya. Mending masukin jadi list pertama tempat wisata kuliner yang wajib dikunjungi. 

Kenapa? Tentu aja banyak alasan. Di tempat wisata kuliner Surabaya ini emang seringkali jadi banyak pilihan wisatawan. Tentu karena cita rasa dan popularitas dari rujak cingurnya itu sendiri. 

Tempat ini sudah menjual rujak cingur sejak 71 tahun yang lalu dan sampai saat ini masih beroperasi. Bahkan sekarang sudah diurusi oleh generasi ketiga dari pemilik atau orang yang membangun tempat makan rujak cingur satu ini. 

Di sini, kamu udah bisa mendapatkan rujak cingur dengan harga yang relatif murah. Misalnya saja untuk rujak biasa, kamu hanya perlu mengeluarkan budget Rp 17.000 saja. Sedangkan untuk rujak cingurnya Rp 30.000.

Racikan bumbu petis di sini bisa dibilang sangat tepat. Apalagi dicampur dengan kacang serta bumbu yang cukup kental. Menariknya lagi, kamu bisa dapet rujak cingur yang bumbunya langsung diuleg di tempat. 

Jadi saat mencoba makanan di tempat wisata kuliner legendaris Surabaya, kamu masih bisa merasakan kesegaran dari semua bahan yang tercampur jadi satu. Buat rasa pedas, bisa request kok. 

Kalau emang beneran suka pedes, kamu nantinya bakal merasakan sensasi pedas sekaligus segar yang bakal langsung pecah di mulut. Banyak banget loh yang ketagihan makan rujak cingur ini. 

2. Sego Sambel Mak Yeye

sego sambel mak yeye
Wisata Kuliner Sego Sambel Mak Yeye Surabaya
  • Harga: < Rp 50.000 per orang tergantung lauk
  • Lokasi: Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.10, Jagir, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60244
  • Jam buka: Setiap hari jam 21.00 – 04.00 WIB

Mau tahu di mana tempat wisata kuliner malam hari di Surabaya? Mungkin sekarang waktunya kamu untuk tahu Sego Sambel Mak Yeye. Yap, sego sambel satu ini buka emang malem doang sampai dini hari. 

Di sini pelanggannya tentu datang dari berbagai kalangan. Ada yang datang dari kalangan wisatawan, warga lokal, atau bahkan pendatang juga banyak. Yang merekomendasikan? Mereka semua hampir merekomendasikannya. 

Kenapa sih banyak banget yang rekomendasi? Tentu karena tempat wisata kuliner Surabaya satu ini punya daya tarik sekaligus kelebihan tersendiri. Utamanya si dari segi cita rasa yang ditawarkan. 

Kalau kamu dateng ke sini jam 10 malem, ramenya minta ampun. Padahal mereka bukanya baru dari jam 9 malam. Saat datang ke sini, mungkin kamu bakal bingung saat pertama kali untuk memesan makanannya. 

Kalau bingung, tinggal ikut aja orang-orang yang berkerumun. Setelah itu, tinggal pilih aja beberapa macam lauk yang disediakan di tempat wisata kuliner Surabaya viral satu ini. 

Lauk yang bisa kamu pilih pun beragam. Contohnya aja kamu bisa milih iklan lele, ikan ‘pe’ atau ikan pari, tempe, telur dadar. Favoritnya sih emang telur dadar. Tambah sayur sama sambelnya aja udah enak banget. 

Kalau harganya tentu sesuai dengan lauk apa saja yang kamu order di tempat wisata kuliner Surabaya satu ini. Nggak terlalu suka pedes? Tenang. Di sini ada pilihan sambel yang pedes dan juga yang manis. 

Pas dicobain, yakin banget deh kamu bakal ketagihan saat mencobanya. Mungkin kamu bakal dateng lagi dan bakal dateng terus karena emang enak dan harganya nggak terlalu mahal. 

3. Depot Bu Rudy Surabaya

depot bu rudy surabaya
Depot Bu Rudy Surabaya
  • Harga: Mulai dari Rp 28 ribu – Rp 33.000
  • Lokasi: Jl. Dharmahusada No.144, Mojo, Kec. Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60285
  • Lokasi II: Jl. Anjasmoro No.45, Sawahan, Kec. Sawahan, Surabaya, Jawa Timur 60251
  • Lokasi III: Jl. Raya Kupang Indah No.5, Dukuh Kupang, Kec. Dukuhpakis, Surabaya, Jawa Timur 60189
  • Jam buka: Setiap hari jam 06.00 – 21.00 WIB

Jika ingin mencari tempat makan enak Surabaya, maka kamu bisa mencoba untuk datang ke Depot Bu Rudy Surabaya. Di kota ini, Depot Bu Rudy punya beberapa cabang yang bisa banget buat didatangi. 

Di sini, kamu bisa memilih berbagai jenis makanan. Di antaranya ada Nasi Udang Empal, Nasi Campur, Nasi Pecel, Nasi Bakar, Nasi Ayam Goreng, dan Nasi Ayam Bumbu Rujak. Harga tergantung dengan menu yang kamu pilih. 

Selain beberapa makanan tersebut, tempat wisata kuliner Surabaya ini pun menyediakan beberapa jenis masakan lain. Contohnya saja Nasi Madura, Nasi Campur, Iga Penyet, Bakwan Penyet, bahkan Tahu Pong dan Sop Buntut pun ada. 

Depot Bu Rudy ini meskipun sekarang sudah punya banyak cabang, punya sejarah yang cukup panjang. Bahkan awalnya, Bu Rudy hanya menjajakan nasi campur juga nasi pecel menggunakan mobil. Tapi sekarang sudah berkembang jadi sangat besar. 

Keterkenalan dari Depot Bu Rudy ini tentu saja nggak lepas dari kualitas makanan yang ditawarkan. Banyak pelanggan yang kembali lagi ke sini karena memang cita rasa masakannya nggak ada lawan dan bikin pengen balik lagi. 

Kalau kamu berasal dari luar kota dan memang lagi ada di Surabaya, memang mending dateng ke tempat kuliner Surabaya terdekat satu ini karena memang Depot Bu Rudy sangat terkenal. 

Depot ini pun telah memiliki banyak penghargaan. Misalnya saja mendapatkan predikat The Best Oleh-oleh dan The Best Depot dalam program Culinary Awards. Selain itu Depot ini pun telah menerima Piala Walikota Surabaya. 

Menu yang paling terkenal di sini adalah menu udang yang digoreng renyah dan gurih. Menunya dikenal sebagai Nasi Udang Khas Bu Rudy. Waktu mampir ke tempat wisata kuliner Surabaya ini, jangan lupa buat pesan menu tersebut karena jadi ciri khasnya. 

4. Sate Kelopo Ondomohen Bu Asih – Surabaya

sate kelopo ondomohen bu asih
Wisata Kuliner Surabaya – Sate Kelopo Ondomohen Bu Asih
  • Harga: Di bawah Rp 23.000
  • Lokasi: Jl. Walikota Mustajab No.36, RT.001/RW.05, Ketabang, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60272
  • Jam buka: Setiap hari jam 07.00 – 22.00 WIB

Sate Kelopo Ondomohen Bu Asih ini jadi salah satu tempat kuliner Surabaya murah yang bisa banget buat kamu kunjungi. Sate klopo emang hampir jadi kuliner yang wajib dicoba waktu kamu dateng ke Surabaya. 

Menurut beberapa informasi, di rumah makan ini ada sate klopo yang racikannya nggak berubah dari 68 tahun lalu. Mereka tetap membuatnya original dan tidak merubah resep agar cita rasanya bertahan. 

Tempat wisata kuliner Surabaya ini sudah ada sejak tahun 1945. Dibandingkan dengan sate yang lainnya, sate klopo terbilang unik karena pakai kelapa atau klopo saat proses pembuatannya. 

Tusukan daging sampi dan ayam nantinya akan dibaluri dengan bumbu kelapa parut gurih ketika dibakar. Dan menu pelengkapnya yakni serundeng yang bahan dasarnya pun terbuat dari kelapa. 

Tempat wisata kuliner Surabaya malam ini bisa kamu kunjungi dari jam 07.00 pagi sampai dengan jam 22.00 malam. Saat kamu sampai ke rumah makan ini, kamu bakal langsung disambut dengan aroma dari sate yang dibakar. 

Tentu saja, aroma dari sate yang tercium sangat menggoda selera. Saat makan di tempat wisata kuliner Surabaya ini, kamu bisa pilih nasi ataupun lontong untuk menu pendampingnya. 

Sate sapi klopo dijual dengan harga Rp 25.000 yang isinya 10 tusuk. Ada juga potongan sapi lebar serta tebal diselimuti oleh banyaknya serpihan parutan kelapa. Sate ini tersaji di atas bumbu kacang juga kecap. 

Ada juga irisan bawang merah, potongan dari cabe rawit, dan serundeng. Jika ingin pakai lonton, kamu hanya perlu menambah Rp 3.000 saja dan bakal disajikan dalam mangkuk terpisah. 

5. Tahu Tek Pak Jayen

tahu tek pak jayen
Tahu Tek Tahu Telor Pak Jayen
  • Harga: Rp 16.000
  • Lokasi: Jl. Dharmahusada Indah I Blok C No.2, Mulyorejo, Surabaya, East Java 60115
  • Jam buka: Setiap hari jam 17.00 – 23.00 WIB

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan tempat wisata kuliner Surabaya yang juga nggak kalah terkenal dibandingkan tempat wisata kuliner lain yang udah disebutkan sebelumnya. 

Bagi para wisatawan lokal ataupun luar kota, mending cobain aja deh kalau mau cita rasa tahu tek yang cukup unik. Kalau mau pesan di sini, coba request tambahan kecambah dan juga sambelnya. 

Bagian terbaik dari tahu tek satu ini adalah dari segi kentangnya yang memang empuk. Selain itu, tingkat kematangan dari kentangnya pun bisa dibilang sangat pas. Kalau rasa petisnya tentu aja nggak perlu kamu ragukan. 

Biasanya sih rata-rata tahu tek punya rasa petis yang cukup mengganggu. Tapi berbeda saat kamu dateng ke Tahu Tek Pak Jayen. Rasa petisnya nggak sampai mengganggu dan malah sangat pas. 

Selain rasanya yang sangat enak dan bikin pengin balik lagi, tempat wisata kuliner Surabaya ini pun ditawarkan dengan harga yang memang cukup murah. Hanya dengan Rp 16.000 aja, kamu udah bisa nikmati salah satu kuliner terbaik di Surabaya.

Salah satu hal yang memang diunggulkan dari tempat makan ini adalah bumbu kacangnya. Banyak banget yang memuji dan suka dengan cita rasa bumbu kacang dengan campuran petisnya. 

Selain itu, isiannya pun banyak banget. Jadi bakal ngerasa worth banget. Dengan harga semurah itu, kamu udah bisa dapet tahu tek yang rasanya bakal bikin kangen Surabaya. Udah murah, enak, ngenyangin pula. Lengkap! 

Kamu sudah berkeluarga dan punya anak? Cobalah ajak anak untuk berwisata khusus anak. Cek Daftar Tempat Wisata Anak di Surabaya yang Menyenangkan.

Wisata Kuliner Khas Surabaya

Nggak hanya cari wisata kuliner Surabaya yang terkenal aja. Kamu pun wajib nyobain beberapa wisata kuliner yang khas banget dari Surabaya. Silakan datang ke beberapa tempat makan dan wisata kuliner ini: 

6. Tahu Campur H. ABD. Mahfud Asli Kalasan

wisata kuliner surabaya
Wisata Kuliner Tahu Campur H. ABD. Mahfud
  • Harga: Sekitar Rp 20.000
  • Lokasi: Jl. Kalasan, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur 60131
  • Jam buka: Setiap hari jam 10.30 – 22.30 WIB

Selanjutnya, kami ingin merekomendasikan tempat wisata kuliner Surabaya yang juga nggak kalah terkenal dibandingkan dengan beberapa tempat kulineran lainnya. Namanya adalah Tahu Campur H. ABD. Mahfud Asli Kalasan. 

Bisa dibilang, tahu campur ini adalah salah satu tempat makan legendaris yang ada di Surabaya. Di sini, kamu dapat menikmati satu porsi tahu campur yang menggunakan potongan kikil dan ukurannya memang cukup besar. 

Sebelum ke sini, pastikan kalau kamu emang laper banget karena porsinya memang lumayan mengenyangkan. Kamu memang bisa menemukan tahu campur yang komposisi dan isiannya menarik di sini. 

Di tempat wisata kuliner Surabaya legendaris ini, kamu bakal menemukan isian lain berupa otot sapi, lento singkong, tahu,kerupuk, mie kuning, kecambah, petis, dan juga selada. 

Saat datang ke sini, mungkin harus sedikit bersabar karena tempatnya memang rame. Meskipun rame, selalu ada space atau tempat yang tersedia karena di sini tempat atau lokasinya memang lumayan besar. 

Warga Surabaya mana yang nggak kenal dengan tempat makan tahu campur ini? Banyak kok yang merekomendasikan tempat makan ini karena emang rasanya enak dan pas. 

Selain itu, di tempat makan atau tempat wisata kuliner Surabaya satu ini kamu pun bisa makan dengan nyaman karena juga ada iringan live music. Meskipun rame, nggak bakal antri juga kok. 

Pasalnya, mereka ini bisa melayani permintaan pelanggan dengan waktu yang cepat. Jadi nggak bakal antri. Cuma ya emang rame aja.

7. Sentra Wisata Kuliner Bratang Binangun

wisata kuliner surabaya
Wisata Kuliner Surabaya Bratang Binangun
  • Harga: Mulai dari Rp 15.000
  • Lokasi: Jl. Raya Manyar No.80A, Baratajaya, Kec. Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
  • Jam buka: Setiap hari jam 08.00 – 22.00 WIB

Jika ingin mencari tempat wisata kuliner Surabaya Utara, maka kami akan merekomendasikan Sentra Wisata Kuliner Bratang Binangun. Tempat ini adalah pujasera yang ada di Surabaya dan memang kerap dikunjungi warga dan wisatawan. 

Di sini ada cukup banyak makanan yang tersedia. Bahkan menurut informasi yang kami dapatkan, ada paling tidak 45 tempat makan di Sentra Wisata Kuliner Bratang Binangun. Menariknya lagi, harganya selalu pas di kantong. 

Dengan merogoh kocek mulai dari Rp 15.000-an aja, kamu udah bisa nyobain makanan dan minuman yang ada di tempat wisata kuliner Surabaya satu ini. Tenang aja, nggak bakal kehabisan pilihan kok. 

Kalau mau tahu apa saja yang ada di sini, kamu bisa nemu Warung Es, Nasi Goreng, Pangsit Mie Ayam, Bebek, Tahu Campur, Gule Kacang Hijau, Lontong Kikil, Bakso Kikil, Soto, dan berbagai macam minuman rasa.  

Pilihannya memang bervariasi. Kalau kamu mau dateng ke sini, nanti tinggal pesan aja ke warung pilihanmu. Setelah itu, makanan dan minuman yang kamu pesan akan langsung diantarkan ke meja. 

Nggak itu saja. Di tempat wisata kuliner Surabaya ini kamu pun bisa makan – minum sekaligus menikmati live music yang menambahk keseruanmu dalam mencoba berbaga macam jenis hidangan. 

Sebenarnya, tempat makan ini cocok banget didatangi sendirian atau bareng dengan keluarga. Tapi kami sarankan buat dateng sama keluarga karena makan rame-rame di Sentra Wisata Kuliner Bratang Binangun emang seasik itu. 

8. Wisata Kuliner Pasar Atom

wisata kuliner surabaya
Pasar Atom Tempat Wisata Kuliner di Surabaya
  • Harga: Mulai harga Rp 5.000-an
  • Lokasi: Jl. Bunguran No.45, Bongkaran, Kec. Pabean Cantikan, Surabaya, Jawa Timur 60161
  • Jam buka: Setiap hari jam 10.00 – 17.00 WIB

Selanjutnya kami akan merekomendasikanmu untuk dateng ke tempat wisata kuliner Surabaya tepatnya di Pasar Atom. Pasar ini telah berdiri dari tahun 1972 dan jadi salah satu tempat perbelanjaan terbesar yang ada di Surabaya. 

Nggak hanya bisa berbelanja barang-barang seperti baju, tas, perhiasan, sepatu, saja. Kamu juga bisa nemu berbagai macam makanan ringan sampai makanan berat di Pasar Atom wisata kuliner Surabaya ini. 

Ada beberapa makanan populer yang bisa kamu temukan di sini. Contohnya saja ada Nasi Cumi, Cakue Peneleh, Es Kacang Ijo, Lontong Mie, Bubur Madura, Kartiko, Nasi Timbel Tip-top, Soto Ayam, Rujak, sampai dengan Cincau. 

Menariknya lagi, di sini kamu bahkan bisa menemukan berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga mulai dari Rp 5.000-an aja. Udah terjangkau, lengkap, rasanya enak juga. Itulah kalimat yang bisa dipakai untuk jelasin kulineran di Pasar Atom ini. 

Nggak cuma makanan berat seperti yang udah kami sebutkan. Di tempat wisata kuliner Surabaya ini, kamu pun bisa beli berbagai macam makanan ringan yang rasanya nggak perlu diraguin lagi. 

Contohnya nih ada Jajanan Pasar dan juga Cakue. Pokoknya nggak bakal bingung deh kalau mau cari jenis makanan dan minuman apapun saat mendatangi Wisata Kuliner Pasar Atom Surabaya ini. 

Mau kulineran sambil berwisata alam? Coba deh berkunjung ke beberapa tempat wisata alam Surabaya ini. Manjakan mata dan perut kamu, yuk!

9. Belut Khas Surabaya

  • Harga: Rp 28.000
  • Lokasi: Jl. Ngagel Jaya Selatan No.104, RW.09, Ngagelrejo, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60245
  • Jam buka: Setiap hari jam 12.00 – 22.30 WIB

Kalau lagi ke Surabaya, jangan lupa buat mampir ke tempat wisata kuliner Surabaya satu ini. Mereka menamainya Belut Khas Surabaya. Udah banyak warga sekitar dan bahkan wisatawan yang rekom tempat makan satu ini. 

Bisa dibilang, Belut Khas Surabaya menjadi salah satu tempat wisata kuliner Surabaya Selatan yang wajib banget kamu kunjungi. Soal rasa, tentu aja ulasan dari beberapa pelanggannya nggak bakal bohong. 

Di sini ada berbagai macam olahan belut. Contohnya aja ada Pecel Belut Biasa, Pecel Belut Basah, Pecel Belut Kering, Pecel Belut Elek, Belut Saos Inggris Basah, yang biasa, dan juga yang kering. 

Harganya juga nggak mahal-mahal amat kok. Kamu udah bisa beli olahan belut di sini dengan harga mulai dari Rp 28.000 – Rp 30.000 aja. Nggak itu doang, sih. Masih ada banyak lagi menu di tempat makan ini. 

Tapi menurut beberapa pembeli, memang yang cukup laris dan terkenal di tempat wisata kuliner Surabaya ini adalah olahan belutnya. Wajib banget buat cobain!

10. Warung Nasi Cumi-cumi Ibu Atun

  • Harga: Mulai dari Rp 28.000
  • Lokasi: Jl. Waspada No.30, Bongkaran, Kec. Pabean Cantikan, Surabaya, Jawa Timur 60161
  • Jam buka: Setiap hari 24 jam

Kalau mau ngerasain gimana masakan Cumi Hitam ala Surabaya, maka warung nasi cumi-cumi Ibu Atun ini kami yakin nggak bakal bikin kamu kecewa. Tempat wisata kuliner Surabaya satu ini emang wajib banget buat didatengin. 

Warung Nasi Cumi Ibu Atun ini, sebenarnya merupakan salah satu warung yang cukup legendaris di Surabaya karena sudah sangat tua. Banyak yang meyakini kalau warung ini udah ada sebelum Indonesia merdeka yakni sebelum 17 Agustus 1945. 

Dengan kata lain, warung nasi cumi satu ini udah ada dari masa pemerintahan Kolonial Hindia-Belanda. Bayangin aja udah berapa lama warung ini berdiri. Awalnya, mereka ini berjualan di tepi Jalan Waspada aja. 

Tapi lama-kelamaan terkenal karena racikan dan kelezatannya disebarkan dari mulut ke mulut. Jadi saat udah nyobain makanan ini, kamu bakal mendapatkan kesan yang mendalam. Apalagi, warung ini buka selama 24 jam. 

Sekadar informasi aja. Di tempat wisata kuliner Surabaya ini ada tiga jenis racikan. Ada racikan sederhana yang seporsinya dapet nasi, cumi hitam, taburan serundeng, sambal terasi, dan peyek udang saja. 

Ada juga racikan komplet lebih yang menunya ditambahi jeroan sapi, paru, babat, usus yang gurih dan pedas. Selain itu ada menu campur dengan tambahan empal daging, telur rebus pedas, dan juga tahu. 

Masing-masing jenis racikan juga berbeda dari harganya. Racikan biasa harganya Rp 28.000, racikan campur harganya Rp 35.000, dan racikan komplit Rp 42.000. Warung ini udah didatangi oleh banyak pejabat juga loh. 

Dibuktikan dengan foto-foto para pejabat yang terpampang di dinding. Nggak jarang juga ada foto pesohor yang ditampilkan di tempat wisata kuliner Surabaya satu ini. Dan hampir dari mereka semua telah mengakui lezatnya Nasi Cumi di Pasar Atom ini. 

Wisata Kuliner Rawon Khas Surabaya

Nggak hanya terkenal dengan warung sambel, warung nasi cumi, tahu campur, dan beberapa makanan khas lainnya. Surabaya pun punya warung rawon khas yang juga wajib buat kamu kunjungi kalau lagi di Surabaya. Berikut rekomendasinya: 

11. Rawon Kalkulator

  • Harga: Rp 20.000
  • Lokasi: Sentra PKL Tamam Bungkul, Jl. Raya Darmo, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60241
  • Jam buka: Setiap hari jam 08.00 – 00.00 WIB

Bagi pecinta kuliner, baikna dateng ke Warung Rawon Kalkulator sebagai pilihan utama. Warungnya emang nampak sederhana, tapi letaknya itu ada di salah satu ikon dari Kota Surabaya yakni Taman Bungkul. 

Meskipun tempat wisata kuliner Surabaya ini sederhana, warungnya selalu ramai dengan pengunjung. Keunikan dari warung satu ini bisa kamu lihat dari namanya yakni Warung Kalkulator. 

Menurut informasi, nama ini diperoleh karena melihat bagaimana ketangkasan dari pramusaji ketika menghitung berapa total biaya yang dihabiskan oleh para pengunjung yang datang. 

Dilakukan dengan sangat cepat tapi tanpa menggunakan alat hitung. Cepet banget seperti kalkulator. Tapi kalau dari segi rasa, sebenarnya sih nggak jauh beda dengan warung rawon lainnya. 

Adapun hal yang membedakan warung rawon ini dengan yang lainnya adalah kualitas dari daging sapinya sekaligus ukuran potongan daging. Memang harus diakui kalau potongan daging sapi dari tempat wisata kuliner Surabaya ini besar-besar. 

Dalam satu sajian ada 5 – 6 potong daging sapi yang sangat empuk. Porsi nasinya juga mengenyangkan. Nah untuk urusan kualitas, udah banyak kok pengunjung yang nyobain sekaligus membuktikannya. 

Sebab warung ini masih buka sampai sekarang. Menurut kabar, Rawon Kalkulator udah berdiri selama 36 tahun. Angka yang cukup besar untuk menunjukkan banyaknya pengunjung yang datang hingga bisa membuat warung ini tetap bertahan. 

12. Rawon Setan – Embong Malang

  • Harga: Mulai dari Rp 20.000
  • Lokasi: Jl. Embong Malang No.78/I, Genteng, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60261
  • Jam buka: Setiap hari jam 08.00 – 23.00 WIB

Makanan rawon tentu udah nggak asing banget sama orang Indonesia. Kalau mau tahu citarasa rawon yang berbeda, coba deh dateng ke Rawon Setan – Embong Malang. Apalagi jika kebetulan lagi ada di Surabaya. 

Tempat wisata kuliner Surabaya yang nyediain rawon ini emang patut buat dikunjungi. Bisa dibilang harganya pun masih masuk akal untuk semua kalangan. Hanya mulai dari Rp 20.000-an aja, kamu udah bisa dapet Rawon Setan – Embong Malang. 

Mungkin bakal gemeter waktu dengar namanya pertama kali. Tapi enggak kok, nggak ada setan benerannya. Rawon Setan ini diberi nama Setan karena dulu mereka baru buka jam 22.00 WIB sampai dini hari. 

Nah, karena identik dengan kemunculan setan, maka nggak heran kalau warung ini dinamai Warung Rawon Setan. Kalau Embong Malang, hanya untuk memperjelas lokasi berjualannya yakni di Jl. Embong Malang. 

Rawon di tempat wisata kuliner Surabaya ini punya cita rasa khasnya sendiri. Utamanya ketika kamu mencium aroma dan mencicipi rasa rawon yang sangat menggugah selera. 

Tidak cukup pada dagingnya saja yang empuk. Tapi paduan dari rasa manis, gurih, juga legit dari kuahnya yang hitam bisa sangat kuat menempel pada lidah dan bikin kangen siapapun yang pernah mencobanya. 

Nggak heran kalau warung rawon satu ini emang selalu ramai dengan pengunjung. Suasananya pun asik, layanannya pun cepat. Nggak ada tuh yang sampai ngantri lama kalau beli di sini. 

13. Rawon Pak Pangat Wonokromo

  • Harga: Mulai dari Rp 32.000
  • Lokasi:  Lotus Regency, Jl. Ketintang Baru Sel. I No.15, Ketintang, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235
  • Jam buka: Setiap hari jam 06.30 – 20.00 WIB

Siapa sih warga Surabaya yang nggak kenal dengan tempat wisata kuliner Surabaya khusus rawon ini? Nama Rawon Pak Pangat Wonokromo ini emang udah cukup terkenal. Bagi wisatawan yang dateng ke Surabaya, wajib banget cobain!

Di sini akan ada hal berbeda yang bisa kamu dapetin. Nggak seperti warung rawon pada umumnya yang buka malam hari sampai dinihari, Rawon Pak Pangat malah buka dari jam 06.30 – 20.00 WIB saja. 

Tempat makannya pun cukup luas sekaligus bersih dan juga nampak modern. Jadi cocok banget buat nyantai dengan teman, pasangan, ataupun makan rawon bersama keluarga di tempat ini. 

Tempat wisata kuliner Surabaya khusus rawon ini, menyajikan tiga varian menu rawon. Ada Nasi Rawon Suwir, Nasi Rawon Krengsengan, dan Nasi Rawon Campur. Masing-masing berbeda dari segi isiannya. 

Pertama yakni Nasi Rawon Suwir berisikan nasi putih, kuah rawon, dan empal suwir. Kedua yakni Nasi Rawon Krengsengan berisi nasi, empal suwir, kuah rawon, plus krengsengan. 

Sedangkan Nasi Rawon Campur lebih lengkap. Ada nasi, empal suwir, bali tahu, krengsengan, dan tentu saja kuah rawon. Harga ketiganya pun sama yakni Rp 32.000 saja. 

Kamu bisa memilih sesuai dengan yang diinginkan. Kalau suka krengsengan atau bahkan suka semuanya, tinggal pilih aja menu Rawon Campur. 

14. Rawon Nguling

  • Harga: Mulai dari Rp 28.000
  • Lokasi: Jl. Raya Kendangsari Industri No.41B, Kendangsari, Kec. Tenggilis Mejoyo, Surabaya, Jawa Timur 60292
  • Jam buka: Setiap hari jam 08.00 – 22.00 WIB

Kalau di Jawa Timur, ada warung rawon yang udah terkenal banget. Namanya Rawon Nguling. Sebenarnya, tempat asli dari Rawon Nguling itu ada di Probolinggo. Tapi ternyata udah ada beberapa cabang. 

Nah salah satu cabangnya itu berada di Surabaya. Rawon Nguling ini udah legendaris banget. Bahkan menurut informasi, warung Rawon Nguling yang ada di Probolinggo udah dari tahun 1940. 

Saking legendarisnya, banyak yang bilang kalau rasa dari rawon yang ada di Probolinggo sekaligus di tempat wisata kuliner Surabaya ini memang bikin kangen. Meskipun ada di Surabaya, cita rasanya nggak berubah. 

Di sini, rawon yang nantinya kamu makan akan disediakan dengan tambahan tauge yang masih segar. Sehingga nanti kalau dinikmati bersamaan dengan daging juga kuah rawonnya, akan ada sensasi kriuk dan krenyes. 

Kuahnya nggak terlalu kental tapi rasanya dapet banget. Saat makan, kami rekomendasikan untuk menambahkan lauk pendamping. Contohnya ada gorengan dan juga telor asin. 

15. Nasi Pecel Rawon Pucang Moroseneng

  • Harga: Rp 25.000 – Rp 33.000
  • Lokasi: Jl. Pucang Anom No.17, Pucang Sewu, Kec. Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60283
  • Jam buka: Setiap hari jam 18.00 – 03.30 WIB

Meskipun bukan sepenuhnya rawon, tapi kami sangat merekomendasikan tempat wisata kuliner Surabaya satu ini. Yap, Nasi Pecel Rawon Pucang Moroseneng memang jadi tempat wisata kuliner yang cukup terkenal di Surabaya. 

Kamu mungkin bakal heran. Di sini nasinya memang menggunakan kuah rawon ditambah dengan sambal kacang khas pecel. Aneh ya? Tapi jangan mikir gitu dulu sebelum nyobain rasanya. 

Pas waktu nyoba, kami jamin kalau rasanya bakal nyambung dan cocok banget di lidah. Nggak ada istilahnya ‘tabrakan rasa’ dari kuah rawon, daging, sekaligus sambal pecel dari kacang waktu kamu mencobanya. 

Nggak hanya dari rasanya aja yang unik. Di sini harga nasi pecel rawonnya memang bisa dibilang murah. Hanya dengan range harga Rp 25.000 – Rp 33.000 saja, kamu udah bisa dapet makanan yang mengenyangkan, unik, sekaligus lezat. 

Warungnya berada di Pasar Moroseneng. Tapi jangan salah, tempat ini buka baru malam hari. Sekitar jam 18.00 WIB mereka baru buka warung. Dan tutupnya sampai dini hari. Kami rekomendasikan untuk dateng ke tempat wisata kuliner Surabaya ini. 

Di sini, kamu nggak bakal makan seperti di warung pada umumnya. Kadang makan di lahan dekat toko di pasar yang pas malam hari udah tutup. Tempatnya juga rame, jangan heran pas pertama dateng ke tempat ini. 

16. Rawon Gajah Mada

  • Harga: Rp 30.000
  • Lokasi: Ruko Grand A Yani No 151 Kav 1-3 Jl Frontage A Yani, Jl. Jemur Ngawinan, Wonocolo, Surabaya, East Java 60237
  • Jam buka: Setiap hari jam 17.30 – 01.00 WIB

Salah satu tempat wisata kuliner Surabaya yang juga kami rekomendasikan adalah Rawon Gajah Mada. Warung makan satu ini nggak kalah terkenal dan nggak kalah rame dibandingkan lima warung rawon lainnya. 

Alasan mengapa warung ini kami rekomendasikan tentu cukup banyak. Misalnya saja, di sini kamu bisa dapet rawon yang harganya Rp 30.000 aja tapi sangat worth buat mengeluarkan uang sebesar itu. 

Porsinya ya lumayan bikin kenyang. Nggak hanya itu saja. Satu hal yang cukup istimewa dari Rawon Gajah Mada adalah potongan empal alias dagingnya yang gede-gede sekaligus empuk pas digigit. 

Selain itu, tempat wisata kuliner Surabaya satu ini pun bisa memberikan pelayanan yang cukup cepat. Serame apapun pengunjung yang datang, dijamin nggak bakal antre sama sekali. 

Tempatnya pun bisa dibilang bersih. Selain itu juga ada banyak spot yang tersedia untuk makan karena tempatnya bisa dibilang luas. Menariknya lagi, kalau mau tambah sambel silakan tambah sesuka hati karena udah disediakan di meja. 

Ada beberapa varian rawon yang bisa kamu beli di sini. Bisa beli nasi + kuah rawon saja, rawon empal, rawon paru, atau bahkan bisa membeli nasi + kuah rawon yang terpisah. 

Wisata Kuliner Malam Surabaya

Biasanya sih kalau lagi berlibur, ada aja wisatawan yang ingin mencoba wisata kuliner Surabaya yang hanya buka malam hari. Nah jika kamu ingin mengunjungi wisata kuliner buat malam hari di Surabaya, bisa banget kunjungi tempat ini: 

17. Bubur Ayam Mang Dudung

  • Harga: Rp 10.000 – Rp 20.000
  • Lokasi: Jl. Kedung Doro No.107, Kedungdoro, Kec. Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur 60261
  • Jam buka: Setiap hari jam 18.00 – 00.00 WIB

Tempat wisata kuliner Surabaya selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah Bubur Ayam Mang Dudung. Tempat makan bubur ayam satu ini, emang udah cukup terkenal di Surabaya. 

Tidak hanya memiliki cita rasa yang khas, bubur ayam di sini juga harganya sangat terjangkau. Dengan harga mulai dari Rp 10.000-an saja, kamu udah bisa dapetin satu mangkok bubur ayam di sini. 

Ada beberapa jenis bubur ayam yang tersedia di sini. Misalnya Bubur Polosan, Bubur Ayam, Bubur Ayam Telor, Bubur Ayam Rampela, dan juga Bubur Ayam Spesial. Perbedaannya jelas pada topping yang didapatkan. 

Selain itu, kalau merasa kurang dengan topping ayam di sini masih bisa nambah, kok. Harganya hanya Rp 5.000 saja. Selain itu bisa nambah Rampela Ati dan juga Telor Setengah Matang. Yang harganya Rp 6.000-an aja. 

Tempat wisata kuliner Surabaya satu ini pun banyak dipilih. Entah itu oleh wisatawan ataupun oleh warga sekitar. Bubur ayam ini gampang ditemukan karena lokasinya yang ada di pinggir jalan. Yap, tempat makan bubur ini masuk kategori streetfood. 

Bubur ayam yang ada di sini punya tekstur yang lembut dan tambah lembut lagi waktu dipadukan dengan telur ayam kampung yang dimasak setengah matang. Cita rasa buburnya gurih, apalagi ditambah topping. Tambah enak pokoknya. 

Overall, Bubur Ayam Mang Dudung ini bisa jadi opsi terbaik ketika kamu ingin berburu wisata kuliner pas malam hari di Surabaya. Rasa yang top dan harga yang terjangkau, bikin tempat makan ini bisa jadi opsi yang wajib didatengin saat kamu lagi di Surabaya. 

18. Padin Ikan Goreng – Bakar 24 Jam

  • Harga: Mulai dari Rp 50.000
  • Lokasi: Jl. Kranggan No.26, Bubutan, Kec. Bubutan, Surabaya, Jawa Timur 60174
  • Jam buka: Setiap hari 24 jam

Wisata kuliner Surabaya yang cocok banget buat didatengin pas malam hari adalah Padin Ikan Goreng – Bakar. Tempat ini buka 24 jam. Jadi kalau malem lagi laper atau sekadar ingin berburu kuliner, bisa dateng ke sini. 

Penggemar penyetan udah pasti nggak asing dengan tempat makan ini. Di sini, kamu bisa pesan berbagai macam jenis ikan goreng dan juga ikan bakar. Olahan di sini dikenal berbeda dengan tempat makan ikan lainnya di Surabaya. 

Warga sekitar mengenalnya dengan penyetan sultan sebab harga dari ikan bakar ataupun ikan goreng yang ditawarkan memang di atas rata-rata dari warung penyetan pada umumnya. 

Tempat wisata kuliner Surabaya ini memang menawarkan masakan ikan yang cukup pricey. Tapi harga yang ditawarkan memang sebanding dengan cita rasa dari masakan yang disajikan. 

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh warung penyetan di Surabaya ini adalah berbagai macam jenis sambal yang ditawarkan. Ada paling tidak 8 jenis sambal yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan. 

Dijamin deh pas waktu nyicipin sambelnya dengan olahan ikan goreng maupun ikan bakar di sini, kamu bakal ketagihan. Quality over price. Kualitasnya emang lebih baik dari harga yang ditawarkannya. 

Nah untuk yang dijual di tempat wisata kuliner Surabaya yang buka selama 24 jam ini, menunya antara lain ada ikan lele, ayam, bebek, kakap merah, ikan gurami, ikan bawal, dan juga berbagai macam jenis ikan dan lauk lainnya. 

19. Warung Tempe Penyet Mbak Noer

  • Harga: Rp 6.000
  • Lokasi: Jl. Jagir Wonokromo No.120, Jagir, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60244
  • Jam buka: Setiap hari jam 09.00 – 02.00 WIB

Selanjutnya ada lagi nih tempat wisata kuliner Surabaya yang cocok buat kuliner malam hari. Namanya Warung Tempe Penyet Mbak Noer. Buat warga Surabaya, tempat makanan ini emang udah cukup terkenal. 

Memang, warung makan yang satu ini terkenal bukan gara-gara makanannya yang kekininan. Melainkan karena saking legendarisnya makanan serta masakan yang harganya murah tapi juga enak. 

Tempat wisata  kuliner Surabaya Barat satu ini selalu dipadati oleh ramainya pengunjung. Waktu pertama kali dateng ke sini, kamu bisa langsung melihat display yang nunjukin tatanan lauk yang bejibun. 

Selain itu, tempat wisata kuliner Surabaya ini emang selalu ramai dan di sana udah banyak banget yang ngantri. Tempat parkirnya gede, jadi kalau kamu mau parkir aman banget karena selalu ada space yang tersedia di sini. 

Setelah sampai di depan pelayannya, kamu bisa langsung memilih berbagai macam jenis lauk sendiri sesuai dengan yang diinginkan. Di sini, ada lauk seperti tahu, terong, lele, telor, ayam, dan berbagai macam jenis lauk lainnya. Lengkap deh pokoknya!

Nggak hanya lauknya aja yang bervariasi dan bikin puas, sambel yang disediakan di Warung Tempe Penyet Mbak Noer ini juga jadi daya tarik tersendiri. Pokoknya kalau makan di sini nggak pernah bikin bosen. 

Kenapa nggak bosen? Tentu saja salah satu alasannya karena saking banyaknya variasi lauk yang bisa kamu pilih di tempat wisata kuliner Surabaya ini. Tapi paling enak sih sambelnya. 

Sambel yang ada di sini, bikinnya nggak asal-asalan. Mereka tetap menggunakan metode uleg waktu bikin sambelnya. Sambelnya dibuat dari bahan seperti bawang, tomat, terasi, dan juga sedikit penyedap. 

20. Nasi Babat Kampung Malang Surabaya

  • Harga: Mulai dari Rp 10.000
  • Lokasi: Jl. Kp. Malang Tengah I No.4, Wonorejo, Kec. Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur 60263
  • Jam buka: Setiap hari jam 12.00 – 00.00 WIB

Kalau bicara tentang wisata kuliner Surabaya yang bisa kamu kunjungi ketika malam hari, maka Nasi Babat Kampung Malang Surabaya ini perlu kamu pertimbangkan. Di sini, kamu nggak bakal kecewa dengan cita rasanya. 

By the way, tempat makan babat ini terbilang sederhana. Bisa dibilang tempatnya mirip warkop Warungnya ini juga nggak terlalu besar. Tapai kalau masalah ramai nggaknya, jangan ditanya. Di sini selalu ramai dengan orderan. 

Tempat wisata kuliner di Ampel Surabaya satu ini punya berbagai macam menu yang wajib banget buat kamu cobain. Misalnya saja, ada cemilan, mie, nasi, bahkan sampai steak pun bisa kamu dapatkan di sini. 

Harganya tentu saja affordable. Itu juga yang jadi alasan kenapa banyak orang yang dateng ke warung satu ini. Harganya mulai dari Rp 10.000 aja loh! Variasi menu, harga murah, dan cita rasa yang nggak mengecewakan. 

Dengan beberapa alasan di atas, tentu kamu nggak perlu heran kalau tempat wisata kuliner Surabaya satu ini sangat ramai dengan orderan. Kalau yang istimewa, tentu saja nasi babatnya. 

Paling enak yakni sambelnya yang mantep banget. Sambel yang dipakai di sini adalah sambal bawang. Cita rasa sambalnya khas ditambah dengan lezatnya bumbu kuning yang tersaji. 

Istimewanya lagi tempat ini bisa menyajikan dengan potongan babat yang sangat lezat. Babatnya punya tekstur lembut dan nggak a lot serta memiliki bumbu yang cita rasanya sangat gurih. 

Overall, makan di tempat wisata kuliner Surabaya satu ini bisa bikin kenyang tapi tetap  nggak bikin kantong bolong. Udah enak, terjangkau pula. Mantep banget nggak tuh?

21. Depot Sederhana Gubeng Pojok

  • Harga: Mulai dari Rp 12.500
  • Lokasi: Jl. Stasiun Gubeng No.1A, Pacar Keling, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60272
  • Jam buka: Setiap hari 24 jam

Salah satu pilihan wisata kuliner Surabaya yang cocok banget buat kamu kunjungi adalah Depot Sederhana Gubeng Pojok. Sesuai dengan namanya, tempatnya memang sederhana tapi mereka bisa nyediain makanan yang lezat buat kamu. 

Di depot ini menunya bervariasi. Ada mie goreng, mie godog, mihun goreng, mihun godog, cap cay, nasi goreng, nasi campur, gudeg, sayur asem, rawon, pecel, kare ayam, soto, pecel lele, krengsengan, penyet ayam, dan ayam goreng. 

Tempat ini buka 24 jam. Jadi bisa banget kamu datengin pas waktu lagi kulineran malam hari. Menurut beberapa informasi, warung atau depot ini pun terbilang legendaris. Pasalnya mereka sudah beroperasi mulai tahun 1970-an.

Tapi yang kami rekomendasikan sih mending penyetannya. Terserah mau penyet apa yang penting cobain. Nantinya kamu bakal ngerasain gimana penyetan sekaligus sambal di tempat wisata kuliner Surabaya satu ini. 

Kehadiran warung ini, biasanya jadi penyelamat bagi para backpacker yang datang ke Surabaya. Tentu karena tempat ini bisa membuatmu merasakan kelezatan dan mengisi perut tapi dengan harga yang terbilang sangat murah. 

Di sini menu yang ditawarkan harganya mulai dari Rp 12.500 saja. Jadi nggak perlu khawatir menguras kantong kalau lagi dateng ke sini. 

22. RM Sop Buntut Gelora Pancasila

  • Harga: Mulai dari Rp 40.000
  • Lokasi: Jl. Musi No.48, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60241
  • Jam buka: Setiap hari jam 12.00 – 21.00 WIB

Malem-malem emang rasanya paling pas buat nyobain sop buntut. Nah kalau kebetulan lagi ada di Surabaya, cobain dulu deh RM Sop Buntut Gelora Pancasila ini. Tempat wisata kuliner Surabaya satu ini emang cocok banget didatengin malam hari. 

Menunya nggak cuma sop buntut doang. Masih ada berbagai macam menu lain seperti Buntut Special, Buntut Goreng, Buntut Mercon, Buntut Bakar Madu, Buntut Steak, Buntut Lada Hitam, Buntut Saus Mushroom, dan masih banyak lagi. 

Menariknya meskipun tempat ini adalah tempat untuk makan sop buntut dan berbagai macam jenis olahan buntut lainnya, kamu pun bisa nyobain beberapa menu lain seperti Nasi Goreng & Mie, Aneka Tumis, Juice, Hot Drink, bahkan Cemilan pun ada. 

Di tempat makan atau wisata kuliner Surabaya Instagramable satu ini, kamu pun bisa nyobain aneka penyetan mulai dari buntut penyet sampai dengan bebek bakar juga ada di tempat makan ini. 

Tempat wisata kuliner Surabaya satu ini juga menyediakan berbagai macam Latte mulai dari Green Tea Latte, Chocolatos Smoothies, Vanilla Latte, Oreo Latte, Lecy Latte, sampai dengan Strawberry Milk. 

Di sini memang harga sop buntutnya bisa dibilang mahal. Tapi waktu kamu nyobain, kamu bisa menikmati buntut yang empuk di dalam rumah makan ini. Menu lainnya pun bisa bikin kamu sangat puas. 

Bagaimana nggak puas. Potongan buntutnya itu memang gede-gede dan jelas bakal bikin kamu lebih puas atas makan malam yang kamu lakukan. Jangan lupa ajak teman, saudara, ataupun keluargamu. 

23. Nasi Bali Pengampon

  • Harga: Rp 26.000
  • Lokasi: Jl. Kalianyar Kulon II No.1, RT.002/RW.07, Bongkaran, Pabean Cantikan, Surabaya, East Java 60161
  • Jam buka: Setiap hari jam 21.00 – 01.00 WIB

Bisa dibilang kalau tempat wisata kuliner Surabaya ini merupakan hidden gem yang wajib banget kamu datengin. Apalagi kalau kamu orang yang suka banget dengan makanan-makanan pedas. 

Nasi Bali Pengampon ini emang udah populer banget. Utamanya untuk warga Surabaya dan juga sekitarnya. Walaupun sederhana, namanya nggak ada di papan nama, dan jualan di gang sempit tempat ini lumayan terkenal. 

Nasi Bali ini pun bisa dibilang sudah cukup legendaris. Terutama karena mereka ini sudah buka dari 20 tahun yang lalu. Tahu Food Vlogger Nex Carlos? Dia udah pernah review tempat ini. 

Tentu saja, ia puas dengan rasa yang ditawarkan oleh tempat wisata kuliner Surabaya ini. Saat mencobanya, nanti kamu bakal dapet nasi putih yang akan diberikan lauk bumbu bali. 

Kalau masalah pilihan lauknya, nggak perlu khawatir. Di sini ada berbagai macam lauk seperti tahu, telur rebus, tempe, dan juga daging yang nantinya akan dimasak menggunakan bumbu merah dan punya cita rasa yang sangat khas. 

Nasi Bali ini sangat terkenal terutama karena bumbunya yang pedas sekaligus nagih. Kalau porsi sederhananya, hanya ada nasi yang isinya daging, tahu, telur, juga tempe. Nantinya bakal disajikan menggunakan kertas minyak dibentuk pincuk. 

Tempat wisata kuliner Surabaya ini menyajikan daging sapi yang dipotong kecil dan dagingnya sangat empuk. Tapi daya tarik utamanya terletak pada kuah balinya. Harganya juga nggak mahal-mahal amat yakni Rp 26.000-an saja. 

24. Depot Bebek H. Wachid Hasyim

  • Harga: Rp 25.000
  • Lokasi: Jl. Raya Jemursari No.17, Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur 60237
  • Jam buka: Setiap hari jam 09.00 – 22.00 WIB

Tempat wisata kuliner Surabaya selanjutnya yang sangat kami rekomendasikan adalah Depot Bebek H. Wachid Hasyim. Di sini tutupnya pukul 22.00 WIB yang berarti mereka tutup cukup malam. Dan kamu bisa dateng ke sini buat kulineran malam. 

Bebek di sini akan disajikan dengan proses memasak yang menggunakan bumbu khas. Saat mencobanya, kamu bakal menikmati cita rasa bumbu khas, daging bebek yang lembut, sekaligus dengan rasa yang bakal meresap sampai ke dagingnya. 

Selain terkenal empuk, gurih, dan juga lembut, tempat makan bebek ini memang menyediakan berbagai macam menu. Tapi, yang kami rekomendasikan adalah masakan bebek yang mereka sediakan. 

Dalam satu porsi, nantinya kamu bakal mendapatkan nasi hangat, sambal, lalapan, dan tentu saja daging bebek yang jadi hidangan utamanya. Tempat wisata kuliner Surabaya ini kami jamin nggak bakal bikin kecewa. 

Harganya juga nggak mahal-mahal banget. Kamu udah bisa dapetin bebek bumbu khas ini dengan harga mulai dari Rp 25.000-an aja. Yakin banget deh kalau sekali makan, bikin kamu pengen balik buat nyobain lagi. 

Banyak pelanggan yang kembali datang buat nyobain bebek ini karena emang berbeda dari yang lain. Daging bebek di sini tuh digoreng tapi nggak yang sampai terlalu kering. Bumbu warna kuning kegelapannya juga bikin selera makan pengen nambah terus. 

Menurut beberapa kabar, waktu makan di tempat wisata kuliner Surabaya ini nggak cukup kalau cuma seporsi aja. Memang ada baiknya sedia duit lebih buat nambah seporsi lagi biar puas makannya. 

Menu yang ditawarkan jelas nggak hanya bebek goreng aja. Masih ada beragam jenis menu lain seperti nasi krawu, ayam goreng, nasi soto ayam, nasi rawon, tempe goreng, dan juga lele goreng. 

Lagi pengen bakso? Bisa juga kok dateng ke sini karena mereka juga menyediakan menu bakso buat kamu. 

25. Penyetan Bang Ali

  • Harga: Di bawah Rp 50.000 per orang
  • Lokasi: Jl. Raya Kupang Indah, Sonokwijenan, Kec. Sukomanunggal, Surabaya, Jawa Timur 60225
  • Jam buka: Setiap hari jam 15.00 – 00.00 WIB

Wisata kuliner Surabaya itu emang terkenal banget dengan menu penyetannya. Nah, kalau ingin makan penyetan, kami merekomendasikanmu untuk memilih Penyetan Bang Ali. Di Surabaya, warung penyetan ini udah terkenal banget, loh. 

Tempatnya memang biasa aja. Penyetan Bang Ali ini hanya menggunakan warung tenda kaki lima. Tapi kalau ramenya dan juga cita rasa penyetan di sini, hmm. Yakin banget bakal bikin ketagihan. 

Waktu pertama masuk ke warungnya, kamu bakal langsung disambut dengan berbagai macam lauk penyetan yang udah disediakan di bagian depan. Area lauknya jadi satu dengan tempat untuk menggorengnya. 

Tempat wisata kuliner Surabaya ini menyediakan lebih dari 10 pilihan lauk buat penyetan. Misalnya saja ada tahu, ayam, tempe, ati ampela, ceker ayam, ikan mujair, ikan lele, bebek, bakso, ikan pari asap, bahkan udang dan sate usus pun ada. 

Seluruh lauk yang tersaji di depan pelanggan telah selesai dibumbui. Dan ketika ada yang memesan, mereka tinggal menggorengnya sebentar saja dan penyetan, lalapan, lengkap dengan sambelnya akan langsung disajikan. 

Di Penyetan Bang Ali yang udah berdiri dari tahun 2000 ini, pilihan sambalnya cukup variatif. Paling tidak ada tiga pilihan sambal yang siap menggoyang lidah. Ada sambal yang nggak pedas, pedas sedang, dan yang pedasnya nonjok banget. 

Buat sambal yang tidak pedas, racikannya dibuat dengan tomat dan cabai rawit merah. Tapi kalau sambal super pedasnya cuma pakai cabe rawit aja tanpa menggunakan tomat. Cobain deh sambel di tempat wisata kuliner Surabaya ini. 

Setelah itu, sambal yang udah diuleg akan disajikan di cobek kayu. Porsinya pun bisa dibilang banyak. Pokoknya kenyang deh abis pulang dari sini. 

Sentra Wisata Kuliner Surabaya

Kalau udah mengunjungi beberapa tempat wisata kuliner Surabaya di atas, udah waktunya buat bikin kamu tambah puas dengan makanan dan minuman yang ada di wisata sentra kuliner Surabaya. Cek sini biar tahu tempatnya: 

26. Sentra Wisata Kuliner Karah

  • Harga: Mulai Rp 12.000
  • Lokasi:  Jl. Karah Agung, Karah, Kec. Jambangan, Surabaya, Jawa Timur 60232
  • Jam buka: Setiap hari jam 08.00 – 00.00 WIB

Salah satu sentra wisata kuliner Surabaya yang dapat kamu pertimbangkan adalah Sentra Wisata Kuliner Karah. Di sini mereka bentuknya seperti pujasera. Jadi ada banyak jenis makanan dan minuman yang tersedia. 

Nggak hanya banyak pilihan, di sini pun kamu nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan hidangan makanan ataupun minuman. Pasalnya, harganya mulai dari Rp 12.000-an saja. 

Adapun jenis lauk yang atau menu makanan yang disediakan di sini seperti bebek goreng Madura, soto daging, roti bakar, soto madura, lontong kikil, soto ayam, ayam panggang, gule sapi, nasi urap, sop buntut, pecel ponorogo, dan masih banyak lagi. 

Sentra wisata kuliner Surabaya ini juga menyediakan berbagai macam jenis minuman yang siap menemani makan siang atau makan malammu. Seporsi paling hanya Rp 15.000 – Rp 20.000 aja. Kantong pasti aman kok kalau dateng ke sini. 

Cocok juga didatengin bareng teman, saudara, pasangan, atau bahkan rombongan bersama dengan keluarga. Tempat duduk di sini juga bisa dibilang nyaman dan ada banyak. Jangan khawatir nggak kebagian tempat. 

Selain itu, di sini tempatnya juga bersih sekaligus adem. Jadi kamu dan orang yang dibawa ke sini bakal nyaman saat menikmati makanan sekaligus minuman yang ada. Kamu pun bisa menikmati hiburan musik yang tersedia di sini. 

Tempat atau sentra wisata kuliner Surabaya ini pula, menyediakan kesempatan bagi siapapun yang suka nyanyi karena di sini emang ada tempat yang disediakan untuk melakukan karaoke. 

Abis kenyang makan dan minum, lanjut bersenang-senang dengan karaoke. Kebahagiaanmu bisa lebih lengkap kalau emang dateng langsung ke Sentra Wisata Kuliner Karah!

27. Sentra Wisata Kuliner Dharmahusada

  • Harga: Mulai dari Rp 12.500
  • Lokasi: Pojok Timur, Jl. Dharmahusada, Mulyorejo, Kec. Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur 60285
  • Jam buka: Setiap hari jam 07.00 – 00.00 WIB

Bagi yang tengah kelaparan di siang ataupun malam hari, mungkin sentra wisata kuliner Surabaya satu ini bisa jadi opsi terbaik. Yap, di Sentra Wisata Kuliner Dharmahusada ini kamu bisa menemukan cukup banyak makanan dan minuman. 

Di sini ada beberapa penjaja makanan dan minuman yang rasanya kami yakin sangat tidak mengecewakan. Kamu bisa menemukan berbagai macam makanan juga minuman yang rata-rata rasanya nggak mengecewakan. 

Contohnya saja ada Ayam Geprek, Sop Kaki Kambing, Terang Bulan, Nasi Campur, Sambel Penyet, Lontong Kikil, Ikan Bakar, Soto Daging Madura, Bubur Ayam, bahkan Pukis Bikang, Ayam Goreng, dan Jus buah juga ada di sini. 

Tempat wisata kuliner Surabaya ini menawarkan beberapa tempat makan yang rasanya memang nikmat dan harganya juga cukup terjangkau. Bahkan kalau cuma bawa Rp 20.000 aja kamu udah bisa dapet makan dan minum di sini. 

Buat rekomendasinya, kami saranin agar nyobain Sop Kaki Kambing Pak Kumis, Nasi Pecel Dharmahusada, Ikan Bakar & Sari Laut Cak Hary, serta warung milik Cak Pi’i. Kami jamin deh nggak bakal kecewa dengan masakannya. 

Setiap pelanggan atau wisatawan yang datang ke sini jelas saja bisa merasakan kenyamanan. Soalnya tempat yang disediakan itu cukup luas dan memang nyaman. Pun juga tempatnya bersih dan ada banyak kursi yang tersedia. 

Saat dateng ke sini bawa teman, pasangan, ataupun keluarga, kami yakin nggak bakal ada cerita kehabisan tempat duduk. Tempat wisata kuliner Surabaya ini memang ramai, tapi bangku dan tempat makannya ada banyak. 

Jadi meskipun rame banget dan kamu bawa rombongan ke sini, kami yakin selalu ada tempat duduk dan tempat makan yang tersedia. Menariknya lagi, tempat makan ini buka sampai jam 12 malem loh!

28. Sentra Wisata Kuliner Convention Hall

  • Harga: mulai Rp 10.000
  • Lokasi: Jl. Arief Rahman Hakim No.131, Keputih, Kec. Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60117
  • Jam buka: Setiap hari jam 06.00 – 00.00 WIB

Ada tempat wisata kuliner Surabaya yang bisa dibilang baru diresmikan dengan tujuan memfasilitasi para Pedagang Kaki Lima (PKL). Tempatnya ada di Sentra Kuliner Convention Hall Surabaya. 

Walikota Surabaya yang mendatangi peresmian dari sentra wisata kuliner ini, meresmikannya kurang lebih pada akhir Juli tahun 2016. Di sana ada paling tidak sejumlah 60 rombong, 46 unit kursi dan meja, tempat parkir, dan juga kamar mandi. 

Lengkap juga dengan wastafel sekaligus fasilitas tempat cuci piring bagi para pedagang yang menggunakan tempat di sentra wisata kuliner satu ini. Lantaran banyak tempat yang tersedia, pilihan makanan dan minuman di sini pun bervariasi. 

Di tempat wisata kuliner Surabaya ini kamu bisa menemukan berbagai jenis makanan dan minuman. Contohnya ada Teh Poci, Cemilan, Nasi Goreng, Pecel Pincuk, Rujak Cingur, Sushi, Bebek Hitam, Sate, Korean Food, bahkan Iga Sapi pun ada. 

Sentra kuliner satu ini sering banget rame dengan pengunjung. Tempatnya pun bersih. Mereka pun menerapkan standar makanan yang lumayan. Meskipun kaki lima, rasa makanan dan minumannya bisa dipastikan tidak mengecewakan. 

Sebelum ada PKL yang menempati sentra kuliner ini, pemerintah biasanya akan memberikan semacam pelatihan demi bisa meningkatkan daya tawar dari makanan ataupun minuman yang mereka sediakan. 

Salah satu hal yang menjadikan tempat wisata kuliner Surabaya ini banyak dikunjungi tentu karena tempatnya yang bersih. Jadi pelanggan nggak bakal risik gara-gara tempat kotor dan nggak terurus. 

Pun juga ada banyak space alias tempat duduk dan meja yang tersedia. Jadi setiap pelanggan yang dateng ke sini nggak bakal kecewa karena selalu kebagian tempat duduk juga meja buat makan atau sekadar bersantai saja. 

29. Sentra Wisata Kuliner Deles

  • Harga: Mulai Rp 10.000 
  • Lokasi: Jl. Arief Rahman Hakim No.14, Keputih, Kec. Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60117
  • Jam buka: Setiap hari jam 10.00 – 23.00 WIB

Kalau sedang berkunjung ke kota Surabaya, kami merekomendasikanmu untuk dateng ke tempat wisata kuliner Surabaya satu ini. Sentra Wisata Kuliner Deles bisa jadi pilihan terbaik buat kamu datangi. 

Di tempat ini, kamu nggak hanya bisa menemukan makanan khas Surabaya saja. Melainkan juga bisa menemukan berbagai macam makanan khas dari Jawa Timur lainnya. 

Mengenai harganya, jangan pernah khawatir. Di sini harganya bisa dibilang sangat terjangkau. Lingkungannya juga nyaman dan aman. Sehingga kamu bisa menikmati hidangan makanan dan minuman dengan sangat rileks. 

Buat pilihan makanan di sentra wisata kuliner Surabaya ini jelas bervariasi. Kamu bisa menemukan menu rujak cingur, lontong balap, gado-gado, dan bahkan berbagai macam jenis sayur-sayuran seperti sayur asem, lodeh, dan juga lainnya. 

Pada lokasi yang memiliki luas 11 x 140 meter ini, ada paling tidak 36 stand Pedagang Kaki Lima (PKL). Sedangkan untuk jumlah mejanya ada 40 dan terletak langsung di depan stand yang berjajar. 

Kursinya jelas lebih banyak yakni 160 kursi sekaligus ada tiga gazebo yang bisa ditempati oleh paling tidak sebanyak 6 orang. Jadi sembari makan maupun minum, kamu pun bisa sambil bekerja ataupun mengerjakan tugas lainnya. 

Yap, di tempat wisata kuliner Surabaya ini selain ada tempat duduk yang nyaman, kamu pun bisa menggunakan WiFi gratis yang tersedia. Hal ini jugalah yang membuat pengunjung sentra kuliner ini dari kalangan pekerja kantoran dan mahasiswa. 

Nggak hanya itu saja. Di sini pun ada beberapa fasilitas seperti satu lapangan tennis meja, kipas, kolam ikan koi, blower, dan juga toilet bersih di sebelah depan dan juga bagian belakang. 

30. Sentra Wisata Kuliner Urip Sumoharjo

  • Harga: Mulai dari Rp 15.000
  • Lokasi: Jl. Urip Sumoharjo No.46-48, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60271
  • Jam buka: Setiap hari jam 10.00 – 00.00 WIB

Selanjutnya kami akan merekomendasikan sentra wisata kuliner Surabaya yang ada di Urip Sumoharjo. Di sini, hampir sama dengan beberapa sentra kuliner lain yang bisa membuatmu bebas memilih makanan juga minuman. 

Sentra Wisata Kuliner Urip Sumoharjo ini terletak di pusat kota. Jadi kamu bakal lebih gampang menemukan tempat ataupun lokasinya. Sekitar lokasinya seperti suasana perkotaan, ada kendaraan yang ramai, dan hiruk-pikuk aktivitas warga. 

Biasanya sih tempat ini sangat ramai didatangi oleh warga sekitar. Banyak juga jasa ojek online yang ada di sini untuk sekadar melepas penat, ngopi, ngobrol bareng temen, dan tentu saja untuk makan-makanan khas Surabaya dan juga Jawa Timur. 

Tempat wisata kuliner Surabaya ini jelas menyediakan berbagai macam jenis makanan dan juga minuman. Misalnya saja tersedia soto, krengsengan, sate, penyet lele, penyet ayam, dan beberapa makanan lainnya. 

Nggak hanya minuman saja loh. Di sini pun ada berbagai macam minuman buat nyantai seperti teh hangat, kopi, bahkan jahe hangat dan beberapa minuman herbal alami pun tersedia di tempat ini. 

Selain ada cukup banyak variasi makanan juga minuman, daya tarik utama dari tempat kulineran ini adalah harganya yang miring. Menurut informasi, kamu udah bisa makan di sini dengan harga mulai dari Rp 15.000-an aja. 

Tempat wisata kuliner Surabaya ini pun cukup ramai dikunjungi oleh warga sekitar terutama karena di sini nggak perlu bayar parkir. Ya, meskipun kamu bawa parkir, tetap nggak ada yang membebankan biaya untuk parkir tersebut. 

Itulah beberapa rekomendasi kami untuk tempat wisata kuliner Surabaya yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari yang terkenal, kuliner rawon, tempat kuliner malam hari, dan juga sentra kulinernya. Semoga membantu, ya!

Firdaus Al Faqi adalah seorang Content Writer berpengalaman asal Situbondo, Jawa Timur. Dari tahun 2019, ia telah berkecimpung di dunia tulis-menulis. Saat ini aktif menulis di berbagai media seperti Mojok.co, Pikiran Rakyat, Bangun Bisnis dan Alamat Bagus.