15 Tempat Wisata Alam Surabaya yang Sejuk dan Asyik

Lagi bingung nyari tempat wisata alam Surabaya untuk didatangi? Mungkin beberapa rekomendasi dari kami ini bisa jadi solusi terbaik buat kamu. Surabaya ini, pasti punya banyak pilihan buat berwisata dengan seru!

Nggak hanya kotanya aja yang bersih. Tapi masyarakat di daerah Surabaya juga terkenal karena keramahannya. Selain itu di Surabaya pun ada berbagai spot yang menarik banget buat kamu kunjungi. 

Meskipun Surabaya ini sudah masuk dalam kategori kota besar, tetap saja ada banyak pilihan untuk wisata alam yang dapat kamu kunjungi. Entah itu sendirian, berdua dengan pasangan, maupun bersama dengan keluarga. 

Tempat Wisata Alam Surabaya

Biar nggak repot nyari sendiri, nih kami udah merangkum beberapa tempat wisata di Surabaya yang lagi hits buat kamu kunjungi. Biar nggak bingung lagi, yuk lanjut aja ke ulasan kami berikut ini: 

1. Hutan Bambu Keputih

wisata alam di surabaya
Hutan Bambu Keputih – by surabaya.go.id
  • Alamat: PR42+8MH, Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Kec. Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60111
  • Jam buka: setiap hari 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis. Parkir kendaraan roda dua Rp 2.000, roda empat Rp 5.000
  • Fasilitas: tempat parkir, warung jajanan, toilet, cafe, tempat ibadah, gazebo
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/ax2BpnScKTeVbtg49

Hutan Bambu Keputih adalah salah satu wisata alam terdekat yang bisa kamu temukan di Surabaya. Hutan ini akan mengingatkan kita pada Sagano Bamboo Forest yang ada di Jepang sana. 

Kebun bambu ini, berdiri pada area seluas 40 hektar. Di dalamnya dibagi jadi beberapa area yakni Hutan Bambu, Taman Harmoni, dan Taman Ruang Publik. Kamu bisa dateng ke tempat ini buat nenangin diri di tengah padatnya tengah kota Surabaya. 

Tempat wisata alam Surabaya satu ini punya daya tarik yang unik. Salah satunya yakni kawasan yang penuh dengan pohon bambu. Menariknya adalah pohon-pohon yang ada di sini tertata dengan sangat rapi. 

Nggak hanya itu doang. Kamu pun bisa mendapatkan banyak spot foto yang menarik. Mungkin kalau dibagikan ke media sosial, banyak yang bakal menyangka kalau kamu lagi di Jepang. 

Saking bagus dan asri serta indahnya tempat ini, banyak loh yang menjadikannya sebagai lokasi foto pre-wedding. Meskipun keren banget, kamu bisa masuk ke dalam Hutan Bambu Keputih ini tanpa perlu bayar tiket masuk. Cuma bayar parkir doang. 

2. Kebun Binatang Surabaya

kebun binatang surabaya
Kebun Binatang Surabaya – by kompas.com
  • Alamat: Jl. Setail No.1, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60241
  • Jam buka: setiap hari jam 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp 15.000 
  • Fasilitas: tempat parkir, toilet, spot kuliner, wahana permainan, spot selfie, perpustakaan
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/t5iDGmA942P278yq7

Salah satu wisata Surabaya yang memang cukup populer adalah Kebun Binatang Surabaya (KBS). KBS ini adalah kebun binatang terlengkap se-Asia Tenggara. Ada lebih dari 230 spesies satwa yang berbeda dan 2179 ekor satwa. 

Jadi sangat cocok buat kamu yang lagi cari wisata alam Surabaya yang sekaligus bisa bernilai edukasi. Di dalam KBS ini pun ada satwa langka Indonesia dan juga dunia. Termasuk pula Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces. 

Di sini ada beberapa ketentuan yang berlaku. Misalnya saja untuk harga tiketnya yakni 15.000 untuk orang dewasa. Sedangkan jika berangkat rombongan, maka harga tiketnya Rp 13.000 minimal untuk 30 orang. 

Selain bisa belajar tentang dunia satwa, di sini kamu pun bisa menikmati sejumlah fasilitas yang cukup lengkap. Ada tempat parkir yang luas, wahana permainan anak, spot kuliner, dan tentu saja ada spot selfie yang menarik buat dikunjungi. 

Ingin lebih jauh belajar tentang dunia satwa? Mungkin perpustakaan yang ada di KBS bisa banget untuk kamu kunjungi. Di dalamnya sudah ada beberapa buku tentang satwa yang ada di KBS. 

Mau mengajak anak ke tempat wisata? Pastikan ajak si kecil ke tempat yang menyenangkan dan mengedukasi ya. Cek Daftar Tempat Wisata Anak di Surabaya ini.

3. Taman Bungkul

wisata alam surabay
Taman Bungkul – by wikipedia.org
  • Alamat: Jl. Taman Bungkul, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60241
  • Jam buka: setiap hari 24 jam
  • Tiket masuk: gratis
  • Fasilitas: amphitheater, jogging track, keran air siap minum, skate track, BMX track, playground area, WiFi
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/arUPdHuML4FHNqzs7

Bertempat di pusat kota, Taman Bungkul Surabaya menjadi ruang publik sekaligus wisata alam Surabaya yang sangat cocok buat kamu kunjungi. Nggak cuma punya pohon yang rindang dan asri, masih banyak hal yang tersedia di Taman Bungkul. 

Kawasan ini tampak lebih berwarna dan lebih indah karena punya banyak budidaya beragam flora. Fasilitas yang tersedia di sini pun bisa dibilang cukup lengkap. Misalnya nih, di Taman Bungkul udah ada amphiteater dan juga jogging track. 

Lelah bermain di Taman Bungkul? Ada keran air siap minum yang bisa kamu gunakan. Hobi main BMX atau skate? Di sini ada track yang disediakan buat kamu. Nggak itu doang loh. 

Bagi yang hanya ingin menemani teman atau keluarga sambil nyantai juga bisa. Di Taman Bungkul pun sudah ada WiFi gratis yang dapat digunakan oleh siapapun. Terletak di area seluas 900 meter persegi, Taman Bungkul cocok buat dikunjungi!

4. Wisata Pantai Kenjeran Surabaya

wisata alam surabaya
Pantai Kenjeran Surabaya – by IG @lovesuroboyo
  • Alamat: Jalan Sukolilo no. 100, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya.
  • Jam buka: setiap hari 24 jam
  • Tiket masuk: Rp 5.000
  • Fasilitas: Playground, Photo Booth, Anjungan, Gazebo, Photo Booth, Pendopo, Toilet, Musholla, Pasar Souvenir, Area Kuliner, Ruang Kesehatan, Parkir
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/33XMgi4Tina5owck9

Salah satu tempat wisata alam Jawa Timur yang mungkin udah cukup dikenal oleh warga Surabaya adalah Pantai Kenjeran. Tempat ini cocok banget buat yang ingin menghabiskan waktu bersama teman, pacar, ataupun keluarga. 

Menikmati sunset di Pantai Kenjeran tentu bisa menjadi salah satu aktivitas yang akan kami rekomendasikan. Di sini kamu bisa melihat matahari terbenam dan beberapa kapal nelayan yang bersandar dengan tenang di pinggir pantai. 

Tempat wisata alam Surabaya satu ini pun menawarkan wisata perahu yang nantinya bisa membawamu ke bukit pasir. Kamu jangan sampai lupa untuk menyiapkan peralatan foto demi bisa mengabadikan momen di sini. 

Nggak hanya itu. Kamu pun bisa menikmati pemandangan Jembatan Suramadu yang memang jadi ikon Surabaya sekaligus Madura dengan jarak yang jauh lebih dekat. Saat malam hari, jembatan ini akan terlihat begitu indah dipandang. 

Bagi siapapun yang ingin menyewa perahu, kamu hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp 30.000 per kapal. Namun untuk rombongan, bisa lebih murah karena hanya Rp 100.000 saja. Jangan lupa ditawar biar lebih murah. 

Di tempat wisata alam Surabaya ini pula, kamu bisa mencoba berbagai macam jajanan dan minuman di sentra kuliner yang telah tersedia. Ada juga souvenir-souvenir unik yang bisa kamu bawa pulang untuk oleh-oleh orang di rumah. 

5. Ekowisata Mangrove Wonorejo

wisata alam surabaya
Ekowisata Mangrove Wonorejo – by surabaya.go.id
  • Alamat: Jl. Wonorejo Timur No.1, Wonorejo, Kec. Rungkut, Surabaya, Jawa Timur 60296
  • Jam buka: setiap hari jam 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp 15.000 untuk anak-anak dan Rp 25.000 untuk orang dewasa
  • Fasilitas: taman bermain anak, Flying Fox, Trampolin, Toilet, Gazebo, Taman Cantik, Tempat Parkir
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/2qkv7zmeZKtBc2cK9

Jika ingin pergi ke tempat wisata alam Sidoarjo yang sangat menenangkan dan cocok buat refresh otak, maka Ekowisata Mangrove Wonorejo akan sangat kami rekomendasikan. Tempat ini emang rame banget dikunjungi wisatawan. 

Ekowisata Mangrove Wonorejo ini adalah kawasan konservasi alam yang dibuat guna mencegah abrasi untuk wilayah Kota Surabaya. Sesuai dengan konsep ekowisata-nya, tempat ini menggabungkan dua konsep antara edukasi dan rekreasi. 

Di sini ada dua kawasan utama. Pertama lintasan jogging track dan kedua adalah hutan mangrove. Kalau masuk ke jogging track, kamu nggak perlu bayar. Biaya tiket masuk hanya berlaku jika ingin pergi ke  kawasan hutan mangrove-nya. 

Di sepanjang hutan mangrove, kamu bisa menikmati pemandangan hutan mangrove yang sangat asri. Jika ingin lebih murah maka kamu bisa memilih untuk berangkat rombongan saja. 

Kami menyarankan untuk datang ketika weekdays saja ke tempat wisata alam Surabaya satu ini. Pasalnya saat weekend, akan ada 1.000 orang yang berkunjung ke tempat wisata ini. 

6. Taman Apsari Surabaya

  • Alamat: Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60271
  • Jam buka: setiap hari 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis
  • Fasilitas: Jogging Track, Taman Peninggalan Belanda, Monumen Gubernur
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/D99aWbhZ1Gu3ne9E8

Tempat wisata alam Surabaya selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah Taman Apsari Surabaya. Kamu bisa memilih liburan bareng keluarga ke taman ini. Wisatawan banyak yang berdatangan weekdays maupun weekend. 

Ada cukup banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di sini. Misalnya saja kamu bisa menikmati taman peninggalan zaman Belanda yang bisa dibilang eksotis. Area ini memang jadi salah satu dari tiga taman yang jadi peninggalan Belanda. 

Selain itu, kamu pun bisa menjadikan taman ini sebagai pilihan untuk berolahraga. Pasalnya di Taman Apsari ini memang tersedia jogging track buat siapapun yang ingin berolahraga. 

Pun juga ada monumen Gubernur Suryo yang berdiri. Ada juga patung Joko Dolog yang merupakan seorang tokoh dari Kerajaan Singosari. Selain bisa bersantai, kamu pun bisa sedikit belajar sejarah di tempat ini. 

Nah buat fasilitas di wisata alam Surabaya ini, ada rumah makan yang siap memanjakan lidah dan perutmu ketika lagi laper. Ada area parkir luas, kamar mandi, dan juga tempat beribadah yang tersedia. 

7. Hutan Kota Pakal

  • Alamat: QJ7C+W82, Pakal, Kec. Pakal, Surabaya, Jawa Timur 60196
  • Jam buka: setiap hari jam 06.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Gratis
  • Fasilitas: Toilet, Mushola, Area Parkir
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/fVu1kNUm9fv2nEci9

Selanjutnya, kami merekomendasikanmu untuk datang ke tempat wisata alam Surabaya yang menyegarkan yakni Hutan Kota Pakal. Objek wisata yang ada di area seluas 6 hektar ini jadi paru-paru kota yang memberi pasokan oksigen. 

Di dalam tempat wisata ini, yang bisa kamu temukan adalah deretan tanaman dan pohon Akasia yang ketika dipandang cukup menyejukkan mata. Apalagi kalau kamu dateng pagi hari, rasa rileks jadi hal yang bisa didapatkan. 

Nggak hanya akasia saja. Di dalam Hutan Kota Pakal ini kamu pun bisa menemukan berbagai pohon lain seperti ketepeng, cemara udang, trembesi, mahoni, sawo kecik, bakau, dan bahkan juga ada waru laut. 

Bahkan menurut informasi yang didapatkan, dalam Hutan Kota Pakal ini adalah kurang lebih 60 jenis tanaman yang ditata dengan rapi. Tidak hanya pepohonan saja, ada juga tambak berisikan ikan bandeng, ikan mas, dan juga udang. 

Meskipun hutan buatan, suasana rindang dan kesegaran tetap bisa kamu dapatkan di sini. Tempat wisata alam Surabaya ini tampak lebih natural lagi karena kamu bisa menemukan kebun urban farming alias ternak warga. Cocok deh buat healing. 

8. Taman Flora Bratang

  • Alamat: PQ46+7P6, Jl. Bratang Binangun, Baratajaya, Kec. Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
  • Jam buka: setiap hari 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis
  • Fasilitas: Tempat Outbond, Playground, Taman Baca, Pusat Kuliner, Jogging Track
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/VXVPXsFEbxPjeKKEA

Taman Flora Bratang pun masuk menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata alam Surabaya dari kami buat kamu kunjungi. Taman ini dibangun pada tahun 2007 dengan tujuan untuk mengurangi tingkat polusi yang ada di Surabaya. 

Tempat wisata satu ini bisa jadi opsi paling tepat untuk menikmati liburan bersama dengan keluarga. Taman ini dipenuhi dengan berbagai tanaman tropis dari berbagai pohon. 

Nah sebenarnya pohon itulah yang membuat Taman Flora Bratang jadi sejuk dan punya udara yang segar. Area ini pun dilengkapi dengan sejumlah fasilitas flora seperti sangkar burung raksasa, kolam ikan air mancur, dan juga puluhan rusa. 

Wahana lain yang bisa dimanfaatkan ada tempat outbound, taman baca, playground, bahkan akses internet dan balai pertunjukan juga tersedia di Taman Flora Bratang. Kamu pun bisa loh memberi makan beberapa hewan yang ada di taman ini. 

Nah untuk pakannya, silakan beli di lokasi tempat wisata alam Surabaya satu ini. Pengunjung memang nggak perlu bayar tiket masuk. Hanya ada biaya untuk parkir saja. Buat roda dua Rp 2.000 dan roda empat Rp 5.000. 

9. Kebun Bibit Wonorejo

  • Alamat: Jl. Raya Wonorejo, Wonorejo, Rungkut, Surabaya, East Java 60296
  • Jam buka: Setiap hari jam 06.00 – 11.00 WIB
  • Tiket masuk: Gratis 
  • Fasilitas: Area Parkir, Toilet, Camping Area, Playground, Spot Kuliner, Spot Olahraga
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/ce7xt7DZ5h2DoGG87

Ada cukup banyak alasan untuk mengatakan tempat wisata alam Surabaya satu ini layak banget buat dikunjungi. Salah satunya di sini kamu bisa mendapatkan ketenangan yang nyaris sempurna. 

Yap, alasannya karena di Kebun Bibit Wonorejo ini nyaris nggak terdengar ada suara kendaraan sehingga tempatnya sangat menenangkan. Entah untuk menyendiri ataupun bersama dengan keluarga. 

Di dalam Kebun Bibit Wonorejo ini, kamu bisa menemukan dua danau yang besar dan juga yang kecil. Di kebun seluas 5,9 hektar ini tentu saja kamu bisa menjadikan kedua danau tersebut sebagai tempat atau spot foto terbaik. 

Selain itu di tempat wisata alam Surabaya ini juga, kamu bisa menemukan kebun binatang sekaligus kebun pembibitan. Meskipun kebun binatangnya kecil dan hanya ada rusa serta burung, tetap aja cocok buat dikunjungi. 

Ingin cukup lama berada di Kebun Bibit Wonorejo? Tenang aja. Di sini kamu bisa menempati area camping yang bahkan buka selama 24 jam. Langsung dateng aja bareng keluarga atau teman-temanmu untuk camp di sini. Jaga kebersihan, ya!

10. Taman Sakura 

  • Alamat: Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur 6011
  • Jam buka: setiap hari 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis
  • Fasilitas: Area Parkir, Bangku Taman, Spot Foto, Playground, Tempat Refleksi Kaki
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/sPe7ndHmHtZrPvEf9

Tempat wisata alam Surabaya selanjutnya yang sangat kami rekomendasikan adalah Taman Sakura. Tempat ini bisa jadi solusi buat kamu yang ingin sejenak rehat dari hiruk-pikuk kota Surabaya. 

Belakangan, ada taman yang sangat digemari oleh anak-anak muda dan bahkan orang dewasa yakni Taman Sakura. Pemerintah Kota Surabaya menghadirkan taman dengan suasana khas Negeri Sakura, yakni Jepang. 

Pohon-pohon dan tanaman bunga yang ada di sini, bisa bikin kamu merasa lebih damai, tenang, juga merasakan kesejukan. Dibandingkan dengan taman kota lain yang ada di Surabaya, Taman Sakura adalah salah satu yang terluas dan terlebar. 

Tempat wisata alam Surabaya ini juga menyediakan cukup banyak spot foto Instagramable. Nggak cuma panoramanya saja yang bikin banyak orang betah di sini. Udara sejuk yang bisa dinikmati juga jadi alasan kenapa banyak orang dateng. 

Selain itu fasilitas yang tersedia pun bikin berlibur ke tempat ini bisa membuatmu merasakan pengalaman relaksasi yang cukup lengkap, murah, dan menyenangkan. Kamu hanya perlu bayar biaya parkir saja kok kalau mau ke sini. 

11. Taman Harmoni

  • Alamat: Jl. Keputih Tegal Tim. II No.249, Keputih, Kec. Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60111
  • Jam buka: setiap hari jam 06.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk: Gratis
  • Fasilitas: Mushola, Area Parkir, Toilet, Playground, Spot Kuliner, Bangku Taman, Terapi Ikan
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/BS91cfum1PJQgES38

Buat refreshing saat weekend, sepertinya Taman Harmoni ini bisa jadi pilihan yang sangat tempat. Taman Harmoni ini jadi salah satu tempat di sudut kota yang menawarkan suasana asri dan juga sejuk. 

Tempat wisata alam Surabaya ini jelas patut buat kamu kunjungi. Sendiri, bareng pasangan, ataupun bersama keluarga. Taman Harmoni punya daya tarik koleksi bunga yang warna-warni. 

Nggak hanya cantik, tapi bunga yang bermekaran di Taman Harmoni ini nampak Instagramable sehingga nggak heran lagi kalau pengunjungnya kebanyakan memang anak-anak muda. 

Tapi bagi keluarga yang ingin dateng ke sini juga nggak masalah kok. Bahkan buat orang dewasa nih, ada tempat terapi ikan yang bikin rileks dan bikin tenang. Cocok banget buat melepas kepenatan. 

Pada lahan seluas 8,6 hektare ini, kamu bisa juga menemukan beberapa jenis bunga yang di antaranya ada Bunga Tabebuya, Bunga Matahari, Bunga Pagoda, Bunga Mawar, dan masih banyak lagi. 

Menurut informasi, ada kurang lebih 70 jenis tanaman, 31 jenis tanaman semak perdu, dan 38 jenis pepohonan di tempat wisata alam Surabaya ini. Bahkan rencananya pemerintah bakal bikin taman  ini sebagai Taman Bunga terbesar di dunia. 

12. Romokalisari Adventure Land

  • Alamat: RM27+9XQ, Jl. Romokalisari I, Romokalisari, Kec. Benowo, Surabaya, Jawa Timur 60192
  • Jam buka: Setiap hari jam 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp 10.000 – Rp 50.000 per wahana
  • Fasilitas: Area Parkir, Budidaya Ikan, Playground, Minizoo, Toilet, Sentra Kuliner, Souvenir
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/GFCXQBKsJeCf5hTF6

Ingin tempat wisata alam Surabaya yang jauh lebih menantang dari biasanya? Mungkin kamu bisa dateng ke Romokalisari Adventure Land. Yap, meskipun buatan, tetap saja suasana alami masih bisa didapatkan sembari menantang adrenalin. 

Di sini ada banyak wahana yang bisa kamu coba. Misalnya saja kamu bisa mencoba wahana Sepeda Air, Wisata Perahu, Kano, ATV Track Pendek, ATV Track Panjang, Sekoci Kecil, Sekoci Besar, dan bahkan ada juga Lintasan Kuda. 

Di atas lahan dengan luas 7,6 hektare ini, kamu pun bisa menikmati pemandangan air sekaligus berbagai macam tumbuhan hijau yang nyegerin banget. Tapi ini jelas berbeda dibandingkan dengan tempat wisata alam lainnya di Surabaya. 

Pasalnya kamu pun bisa menyusuri tempat ini dengan kano dan juga wahana lainnya. Nggak hanya bagus buat adrenalin, kamu pun bisa bersenang-senang di tempat wisata alam Surabaya ini dengan harga yang terjangkau. Tiket wahananya pada murah!

13. Wisata Sontoh Laut

  • Alamat: QMHG+FGF, Greges, Kec. Asem Rowo, Surabaya, Jawa Timur 60183
  • Jam buka: Setiap hari jam 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp 2.000 per orang
  • Fasilitas: Area Parkir, Cafetaria, Balai Pertemuan, Kamar Mandi Umum, Musola, Spot Kuliner, Cafetaria
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/LJnM2QJ9q3SLdwf27

Nah kalau ingin yang beneran wisata alam Surabaya, mending kamu dateng deh ke wisata Sontoh Laut. Kalau kamu dateng ke sini, ada cukup banyak hal menarik yang bisa ditemukan. 

Misalnya saja, kamu bisa menyusuri sungai lewat gazebo tengah laut. Apalagi kalau sore nih, kamu dapat melihat burung-burung yang beterbangan sekaligus matahari yang perlahan mulai tenggelam. Indah banget pokoknya. 

Nggak hanya itu, di sini kamu pun bisa relaks sejenak dari pemandangan gedung-gedung dan daerah perkotaan Surabaya. Kamu bisa liatin Hutan Mangrove yang bikin santai isi kepala. 

Tempat wisata alam Surabaya satu ini juga menawarkan tempat yang bisa menjadi opsi kalau kamu ingin membawa oleh-oleh untuk orang yang ada di rumah. Yap, di sini juga ada loh tempat oleh-oleh. 

Mau ngisi perut yang lagi keroncongan setelah seharian jalan-jalan? Coba deh beberapa menu seperti ikan payus, kari kepiting, bahkan sampai otak-otak bandeng di tempat ini!

14. Mangrove Gunung Anyar

  • Alamat: Jalan Medokan Sawah Timur Segoro Tambak Sedati, Medokan Ayu, Kec. Rungkut, Surabaya, Jawa Timur 60295
  • Jam buka: setiap hari jam 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Gratis
  • Fasilitas: Jogging Track, Wisata Perahu, Menara Pantau 12 M, Spot Foto
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/mDru9NMsiQ3gRxWq7

Selanjutnya, kami ingin merekomendasikan wisata alam Surabaya berupa hutan mangrove yakni Ecowisata Mangrove Gunung Anyar. Yap, di sini kamu bisa menenangkan pikiran sembari menikmati jejeran pohon mangrove. 

Letaknya di Surabaya Timur dan hutan bakau ini berada di area seluas 25 hA. Di sini ada banyak opsi kegiatan yang bisa kamu coba. Contohnya saja bisa ikut kegiatan penanaman sekaligus pembibitan mangrove untuk pelestarian serta cegah abrasi. 

Nggak hanya itu, kamu bisa keliling di jogging track sekaligus menikmati pemandangan. Gabut banget dan bosen jalan-jalan doang? Bisa naik ke menara pantau yang disediakan di sini. Tingginya sampai 12 meter, loh!

Buat ke tempat wisata alam Surabaya satu ini, kamu nggak perlu bayar biaya tiket masuk loh. Paling hanya dikenakan biaya parkir saja. Buat kendaraan roda dua Rp 5.000 dan untuk kendaraan roda empat yakni Rp 10.000. 

Kawasan mangrove ini bisa jadi pilihan terbaik untuk kamu dan teman-temanmu datangi. Tenang aja, liburan ke sini nggak bakal nguras kantongmu, kok. 

15. Wisata Perahu Kalimas

  • Alamat: Jl. Pemuda No.39, Ketabang, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60271
  • Jam buka: Setiap hari jam 08.00 – 22.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp 10.000
  • Fasilitas: Spot foto, Wisata Perahu
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/fx1q36EWrkZM9d7H6

Kami pun sangat ingin merekomendasikan tempat wisata alam Surabaya satu ini. Yap, kamu bisa mencoba untuk datang ke Wisata Perahu Kalimas. Tempat wisata ini memang cukup ramai juga dikunjungi oleh para warga Surabaya. 

Nantinya, kamu bisa menyusuri tumbuhan hijau dan menyusuri Kalimas menggunakan perahu. Dalam satu perahu, bisa menampung sampai dengan 12 penumpang. Perahu itu akan membawamu berjalan selama 5 menit. 

Nah untuk tarif perahunya bisa dibilang sangat murah yakni Rp 4.000 saja per orang. Tempat wisata ini sebenarnya ada di dekat Taman Prestasi dan menjadi sarana rekreasi favorit banyak orang yang dateng ke Taman Prestasi. 

Sangat kami sarankan untuk datang ke Kalimas ketika sore ataupun malam hari. Nantinya kamu bisa menyusuri sungai sambil memandang warna-warni lampu kota yang nampak dan terpantul di air. 

Kombinasi yang indah antara wisata alam Surabaya di dekat padatnya lampu-lampu kota. Namun, kombinasi itu bisa membawamu pada satu perasaan yang bernama ketenangan, kedamaian, dan rasa relaks. 

Itulah beberapa wisata alam Surabaya yang sangat kami rekomendasikan untuk kamu datangi. Memang ada beberapa yang buatan karena Surabaya adalah kota besar yang wisata alamnya memang cukup terbatas. 

Manfaat Berwisata Alam

Siapa bilang kalau liburan ke tempat wisata alam itu hanya bisa memberimu rasa relaks dan meredakan stres saja? Nggak itu doang loh ternyata manfaatnya. Langsung aja cek di sini beberapa manfaat dari berwisata alam: 

1. Sensasi akan Hal Baru

Yap, kamu pun bisa mendapatkan sensasi yang cukup membahagiakan karena bisa menemukan hal-hal baru yang ada di alam. Paling tidak, hanya ada sedikit orang yang bisa melihatnya secara langsung. 

Saat berwisata alam, kamu bakal merasakan kegembiraan melihat hutan-hutan yang rimbun, gemericik air yang suaranya saja sudah menyejukkan, serta suasana yang tenang dan asri di bawah pohon-pohon yang rindang. 

Selalu akan ada hal istimewa yang bisa kamu peroleh ketika berwisata alam. 

2. Menyadari Bahwa Alam Begitu Menawan

Selanjutnya manfaat yang bisa kamu rasakan adalah kamu bisa sadar bahwa alam itu begitu menawan. Di kota mungkin kamu bakal melihat bangunan-bangunan tinggi, gedung pencakar langit, dan tempat-tempat fancy juga mewah. 

Tapi itu semua nampak begitu menjemukan di suatu momen. Kamu butuh sesuatu yang baru dan kamu bisa mencoba untuk berwisata alam. Nantinya akan ada kesadaran bahwa alam yang selama ini kita tempati begitu indah dan menakjubkan. 

Menikmati matahari yang sinarnya tertutupi pohon rindang, desiran angin yang lembut membelai kulit, senyum di wajah orang lain yang berwisata, keringat di dahi, jadi satu kombinasi yang amat membahagiakan ketika kamu berwisata alam. 

3. Meningkatkan Kebugaran Fisik

Setiap kamu bepergian untuk berwisata alam, mau tidak mau fisikmu akan terus bergerak. Kamu akan terus berjalan menikmati pemandangan hutan-hutan, tanganmu tidak bisa berhenti untuk mengayuh kano, dan juga aktivitas fisik lainnya. 

Tentu saja, berlibur ke alam membutuhkan aktivitas fisik di dalamnya. Kemudian hal itu bisa membuat tubuh yang selama ini mungkin berpaku depan komputer dan sibuk dengan pekerjaan, bisa lebih sehat dan bugar setelah berwisata alam. 

4. Memperbaiki Mood dan Lebih Sehat

Manfaat lain yang bisa kamu peroleh dari wisata alam adalah mood bisa lebih baik dan bisa lebih sehat juga. Ada penelitian yang membuktikan kalau berada di luar ruangan dalam waktu singkat bisa ngurangin stres dan mood lebih baik. 

Wisata alam bisa membangkitkan perasaan yang begitu menyenangkan, mengurangi kondisi mental yang negatif. Dan pada gilirannya, bisa meningkatkan kesehatan fisik secara keseluruhan. 

Kalau kamu aktif liburan atau berwisata ke alam, kecemasan bisa menurun. Bayangkan aja jika kamu menghabiskan waktu liburan di luar ruangan. Kesehatan adalah bonus lain yang bisa kamu dapatkan. 

5. Hemat Budget

Nah ini juga bisa dimasukkan menjadi salah satu manfaat dari berwisata di alam. Sudah lihat kan tadi berapa aja harga tiket masuk di beberapa tempat wisata alam Surabaya yang sudah ditulis? Rata-rata gratis dan hanya perlu bayar biaya parkir saja. 

Hal itu jelas sangat menunjukkan bahwa kamu bisa lebih menghemat uang ketika berwisata ke alam. Dibandingkan dengan berwisata ke luar negeri, berbelanja ke mall, pergi ke salon, mungkin wisata ke alam bisa sangat terjangkau. 

6. Menenangkan Pikiran

Tanpa seluruh gangguan yang biasanya ada di kota, alam akan memberimu kesempatan untuk mendengarkan juga kembali terhubung dengan pikiran. Di kehidupan sehari-hari, selalu ada distraksi yang kamu peroleh. 

Entah itu dering telepon, kotak masuk email yang berantakan, suara televisi, suara radio, suara kendaraan bermotor, dan banyak lagi. Semua itu bisa membuatmu sukar fokus dan berkonsentrasi. 

Tapi saat berada di alam, kamu tidak akan merasakan gangguan itu lagi. Kamu bisa tenang dan fokus saja melihat pemandangan yang ada. Luangkan juga waktu sejenak untuk melakukan refleksi. 

7. Merasa Lebih Hidup

Kamu bakal merasakan dirimu jauh lebih hidup dari biasanya. Rutinitas seperti bekerja dan melakukan kegiatan monoton, sebenarnya membuatmu tampak lebih seperti mesin daripada sebagai manusia. 

Ingin merasakan bagaimana lebih hidup menjadi seorang manusia? Cobalah sejenak berwisata alam ke tempat yang dekat dengan daerah atau kotamu. Kamu bakal merasakan menjadi bagian dari suatu hal yang lebih besar dari dirimu. 

Sukar untuk tidak merasa kecil di hadapan pohon-pohon besar yang ada di alam. Dan inilah yang akan membuatmu merasa jauh lebih hidup dari biasanya. Cobalah untuk menghabiskan waktu dengan orang tersayangmu dengan wisata alam. 

Dengan berlibur ke alam, kamu bisa merasakan beberapa manfaat yang telah kami sebutkan di atas. Yuk, mulai rencanakan liburanmu!

Firdaus Al Faqi adalah seorang Content Writer berpengalaman asal Situbondo, Jawa Timur. Dari tahun 2019, ia telah berkecimpung di dunia tulis-menulis. Saat ini aktif menulis di berbagai media seperti Mojok.co, Pikiran Rakyat, Bangun Bisnis dan Alamat Bagus.