15 Tempat Kursus Mengemudi Sidoarjo untuk Pemula

Kata siapa belajar menyetir tidak bisa dalam waktu cepat? Bisa kok! Caranya dengan ikut kursus stir mobil atau kursus mengemudi. Kalau ada di Sidoarjo, coba deh hubungi tempat kursus mengemudi Sidoarjo yang kami rekomendasikan di sini. 

Saat ikut kursus kamu bisa lebih cepat belajar karena ada instruktur yang siap mendampingimu. Mereka akan memberikan materi dasar, melatih keberanian, sekaligus memberikan sejumlah trik agar kamu lebih lancar mengemudi di jalan. 

Setelah ikut kursus mengemudi tak jarang kamu bisa langsung dapat SIM. Prosesnya akan mereka yang urus. Kamu tinggal bayar dan terima jadi aja. Di balik banyaknya kemudahan ini tentu sangat worth untuk kamu ikuti. 

Tempat Kursus Mengemudi Sidoarjo

Tempat kursus stir mobil terdekat yang ada di Sidoarjo itu ada banyak. Saking banyaknya mungkin kamu bingung buat milih. Biar nggak bingung, cek aja beberapa referensi dari kami ini: 

1. Kursus Mengemudi Sidoarjo Sahabat

kursus mengemudi sidoarjo
Tempat Kursus Mengemudi Sidoarjo Sahabat
  • Alamat: SD, Barat, Jl. Pagerwojo Desa, Pagerwojo, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61228
  • Jam buka: Setiap hari jam 06.00 – 17.00 WIB
  • Nomor telepon: 0822-3414-6778
  • Website: 0822-3414-6778
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/UQPVnT5zbRyBEHkt6

Bagi yang ingin kursus mengemudi terdekat di Sidoarjo, coba deh dateng ke Kursus Mengemudi Sidoarjo Sahabat. Mereka adalah salah satu penyedia kursus mengemudi terbaik yang ada di kota ini. 

Sudah punya banyak lulusan, instruktur yang ada di sini siap untuk membantumu agar cepat memahami cara mengemudi dengan baik dan benar. Katanya sih mereka nawarin tarif kursus yang ekonomis alias murah. 

Tapi emang sih kursus mengemudi Sidoarjo di sini nggak bikin kantongmu bolong. Buat yang ingin latihan, ada tiga pilihan paket: Non-Paket tarif Rp 120 ribu, Paket Bisa tarif Rp 550 ribu, dan Private dengan tarif Rp 100 ribu. 

Paketnya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Kalau misal punya mobil sendiri, bisa lebih murah. Pilih aja yang Paket Private. Rp 100 ribu untuk sekali pertemuan itu worth banget loh!

2. Kursus Mengemudi Maestro

  • Alamat: Jl. Santren joho No.45, Dusun Joho, Keboananom, Kec. Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61254
  • Jam buka: Sabtu – Kamis jam 06.00 – 17.00 WIB, Jumat jam 07.00 – 17.00 WIB
  • Nomor telepon: 0856 4841 6624
  • Website: https://kursusmengemudimaestro.com/
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/eLqibJLSiSQydVnx7

Ada beberapa paket yang tersedia di tempat kursus mengemudi Sidoarjo satu ini. Misalnya Paket Manual seharga Rp 650 ribu, Paket Matik Rp 750 ribu, Paket Kombinasi Rp 750 ribu, Non-paket Manual Rp 150 ribu, dan Non-paket Matic Rp 170 ribu.

Tempat kursus mengemudi mobil di Sidoarjo ini bisa jadi pilihan kalau udah dari lama kamu belajar nyetir tapi tak kunjung bisa. Biar tambah mahir, langsung aja hubungi mereka. Mau mobil manual atau matic, semuanya bisa. 

Keunggulannya terletak di instrukturnya yang ramah, sabar, juga telaten meskipun kamu nggak bisa-bisa. Selain itu keunggulannya ada pada unit mobil yang nanti kamu pakai untuk latihan. 

Kamu bisa dapat mobil dengan Full AC, bersih, wangi, juga masih nyaman untuk digunakan. Langsung aja pilih paket yang tersedia di tempat kursus mengemudi Sidoarjo ini sesuai kebutuhanmu. 

3. Kursus Mengemudi Mobil WARAS

kursus mengemudi sidoarjo
Kursus Mengemudi Waras Sidoarjo
  • Alamat: Jalan Balai Desa RT. 12 RW. 4 (depan lapangan Kanigoro, Boharan, Keboharan, Kec. Krian, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61262
  • Jam buka: Setiap hari jam 07.00 – 20.00 WIB
  • Nomor telepon: 0813-3052-9105
  • Website: https://kursus-mengemudi-mobil-waras.business.site/
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/MvNDZavvKReohTHC7

Mau tempat kursus mengemudi Sidoarjo murah sekaligus layanannya lengkap? Kursus Mengemudi Mobil WARAS ini bisa kok jadi pilihanmu. Di sini layanannya nggak cuma kursus mengemudi aja kok. 

Melainkan juga melayani pengurusan pembuatan SIM A dan bahkan bisa kursus mobil secara private. Tentu biayanya berbeda. Rata-rata sih akan lebih murah daripada kursus mobil yang biasa. 

Jasa kursus mengemudi Sidoarjo ini pasti punya keunggulan. Menurut pelanggan, mereka punya keunggulan dari segi instruktur yang sangat ramah, sopan, juga sabar saat mengajarimu. 

Enaknya lagi, instrukturnya akan memberimu banyak tips juga trik agar mengemudi jadi lebih mahir. Kamu pun akan diajarkan untuk tetap tenang selama mengendarai mobil sendiri di jalan raya. Jadi nggak ada salahnya buat pilih mereka!

4. Kursus Mengemudi Trisno

  • Alamat: Jl. Untung Surapati No.8A, Rw1, Sidokumpul, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61212
  • Jam buka: Setiap hari jam 06.00 – 16.00 WIB
  • Nomor telepon: 0813-3042-9992
  • Website: http://kursusmengemuditrisno.com/
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/eQrVLj9xQ6V4Ad239

Paket kursus mengemudi Sidoarjo yang ada di sini juga nggak kalah murah dibandingkan tempat kursus mengemudi lainnya. Per paketnya, harganya Rp 600.000. Dengan biaya itu, ada banyak hal yang bisa kamu dapetin di sini. 

Setiap paket, kamu bisa dapat lima kali pertemuan dan di setiap pertemuan kamu dapat jatah waktu dua jam. Jadi total belajarnya selama 10 jam. Nggak cuma itu sih, materi yang tersedia juga bervariasi. 

Ada materi seperti pengenalan dasar rambu-rambu, pindah persneling, parkir lurus, parkir paralel, belajar berhenti di tanjakan tanpa pakai rem, dan juga materi pendalaman. Lengkap banget deh materinya. 

Jika ingin dapat SIM sekaligus, ada kok layanannya. Di sini bisa kamu dapetin dengan bayar Rp 40 ribu doang untuk sertifikat. Nah, untuk penambahan biaya SIM bisa didiskusikan sendiri dengan mereka. 

5. Kursus Mengemudi Booim

  • Alamat: HP75+9JV, Jl. H Ali Mas’UD, RT.10/RW.03, Kalak, Pagerwojo, Kec. Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61252
  • Jam buka: Setiap hari jam 06.00 – 21.00 WIB
  • Nomor telepon: 0813-5740-1366
  • Website: http://www.kursusmengemudibooim.com/
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/PynMSPAjPTxxV4yM7

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapetin di sini. Salah satunya adalah biaya kursus mengemudi Sidoarjo di sini sangat murah. Dalam 10 jam pertemuan, harganya Rp 530 ribu aja. Itu sudah dapet 5 kali pertemuan. 

Jumlah pertemuannya memang sedikit. Tapi nanti dalam sekali pertemuan kamu dapat waktu kursus selama dua jam. Harga yang terjangkau ini bisa jadi solusi kalau kamu ingin isi kantong tetap aman tapi ingin belajar mengemudi. 

Keunggulan dan keuntungan lain di sini adalah jadwalnya bisa ditentukan sendiri. Mau kapanpun selama ada waktu kosong juga bisa. Instrukturnya sangat ramah dan juga profesional dalam membimbingmu. 

Tenang aja, kursus di sini sangat aman kok. Mobil kursus yang nantinya kamu pakai, sudah dilengkapi dengan adanya double pedal agar instruktur yang mengajarimu bisa mengendalikan mobil pada saat-saat darurat. 

6. Kursus Mengemudi Delta Sari Sidoarjo

kursus mengemudi sidoarjo
Tempat Kursus Mengemudi Sidoarjo – Delta
  • Alamat: Jl. Kedaton I, Rejo, Sugihwaras, Kec. Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271
  • Jam buka: Setiap hari jam 06.00 – 17.00 WIB
  • Nomor telepon: 0812-3336-9833
  • Website: https://kursusmengemudidelta.com/
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/LFXtZvftPiN3tbm36

Ada satu tempat kursus mengemudi Sidoarjo yang sangat kami rekomendasikan juga. Namanya Kursus Mengemudi Delta Sari Sidoarjo. Kalau belajar di sini, kamu bisa cepet ngerti karena kurikulumnya memang bagus. 

Mereka membagi materi mengemudi menjadi beberapa kali pertemuan. Dalam pertemuan pertama sampai terakhir ada materi yang berbeda yang akan kamu pelajari. Dalam materi pertama misalnya, kamu bakal diajari hal-hal dasar mengemudi. 

Nah kapan langsung belajar ke jalan raya? Jawabannya pada pertemuan kedua. Setelah itu barulah kamu bisa mendalami proses mengemudi dan pemantapan. Pertemuannya dibagi jadi lima kali. 

Oh iya, untuk biayanya berbeda tergantung paket yang kamu pilih. Paket Mobil Matic harganya Rp 1 juta, Paket Harian harganya Rp 199.000, dan Paket Mobil Manual harganya Rp 700 ribu. Tidak murah, tapi overall keren sih tempat kursus ini. 

7. Kursus Mengemudi Akbar Sidoarjo

  • Alamat: Jl. KH Mukmin No.62, Kapasan, Sidokare, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61214
  • Jam buka: Setiap hari jam 08.00 – 16.00 WIB
  • Nomor telepon: 0878-5659-9049
  • Website: https://kursusmengemudiakbar.com/
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/pQ2hdcxTLpAGZ1DT7

Setiap lembaga kursus mengemudi Sidoarjo yang kamu pilih, mau tidak mau harus punya legalitas. Nah, apa fungsinya? Dengan itu mereka sudah memenuhi izin untuk beroperasi dan juga mengajarkan cara mengemudi untuk masyarakat. 

Jika belum punya legalitas, artinya kurang terpercaya. Bisa-bisa belajarmu nggak aman karena mereka belum tentu punya berbagai fasilitas yang menjamin keamananmu. Makanya, hati-hati kalau milih. 

Biar nggak salah pilih, kami menyarankanmu untuk dateng dan menghubungi Kursus Mengemudi Akbar Sidoarjo. Mereka sudah mengantongi izin resminya. Instruktur yang mereka punya juga seorang praktisi. 

Jadi sangat mungkin bagimu bisa belajar dalam waktu cepat. Metode pengajarannya bagus, nggak bikin bosen tapi bikin gampang ngerti. Katanya juga harganya terjangkau, tapi tidak ada informasi detail tentang itu.

8. Kursus Mengemudi Lancar

  • Alamat: Perum Puri Indah, Jl. Raya Cemeng Kalang No.42, Suko, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61226
  • Jam buka: Setiap hari jam 08.00 – 18.00 WIB
  • Nomor telepon: 0812-3377-4813
  • Website: http://www.kursusmengemudisidoarjo.com/
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/49yXWWtDZvFPaMd88

Ingin beneran lancar mengemudi? Maka Kursus Mengemudi Lancar di Sidoarjo ini bisa jadi pilihan. Tempat kursus mengemudi Sidoarjo ini bisa mengajarimu mobil matic dan juga mobil manual. 

Nggak mau rugi kursus mengemudi dan ingin sekalian dapet SIM? Di sini bisa juga kok menguruskannya untuk kamu. Adapun biaya kursus stir mobil + SIM Sidoarjo di sini adalah Rp 1,7 juta untuk manual dan Rp 1,8 juta untuk matic. 

Dalam paket itu pun kamu bisa dapat lima kali pertemuan. Tapi jika ingin kursus harian juga bisa kok. Dalam sekali pertemuan, kursus stir mobil manual Rp 150 ribu dan mobil matic Rp 170 ribu. 

Sebelum belajar kursus mengemudi Sidoarjo di sini, di awal kamu bisa konsultasi dulu. Biar nanti nggak salah pilih paket. Tempat kursus ini terbuka kok buat yang pemula atau yang ingin tambah mahir. 

9. Kursus Mengemudi Mandiri

  • Alamat: Pagerwojo, RT.22/RW.05, Ngemplak, Buduran, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61252
  • Jam buka: Senin – Sabtu jam 07.00 – 20.00 WIB
  • Nomor telepon: 0812-3246-4282
  • Website: https://kursusmobilsidoarjo.com/
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/L4SApTnMDLDVGVD36

Siapapun yang ingin kursus mengemudi Sidoarjo sekaligus ingin dapat SIM A, bisa kok minta bantuan dari Kursus Mengemudi Mandiri. Kamu pun bisa dapat garansi sampai memperoleh SIM A-nya. 

Di sini ada berbagai paket yang lengkap untuk siswa yang ingin belajar sesuai dengan kebutuhan. Ada Paket Pintar untuk Manual dan Matic, serta ada Paket Sangat Pintar untuk mobil Manual. 

Harganya beda-beda. Buat Paket Pintar Manual, harganya Rp 650 ribu untuk 5 kali pertemuan. Jatahmu selama 10 jam. Tapi kalau mau sekalian SIM A, harganya jadi Rp 1.600.000. 

Mau Paket Sangat Pintar? Bisa juga bayar Rp 1.050.000 untuk 16 jam waktu belajar yang dibagi ke dalam 8 kali pertemuan. Jika ingin sekalian SIM A, harganya jadi Rp 2 juta. Cek website tempat kursus mengemudi Sidoarjo ini biar infonya lengkap. 

10. Kursus Mengemudi Cepet Iso

  • Alamat: Perumahan Pondok Wage Indah 2 Blok U No 6 Desa Wage Kecamatan Taman, Sritanjung, Wage, Kec. Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61257
  • Jam buka: Setiap hari jam 08.00 – 17.00 WIB
  • Nomor telepon: 0821 4722 7586
  • Website: – 
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/ZSCWJsXmvxRGWwLS9

Pingin beneran cepet iso/cepat bisa mengemudi? Kursus Mengemudi Cepet Iso adalah jawabannya! Sesuai nama, di sini kamu bisa belajar lebih cepat. Kurikulumnya jelas dan juga sistematis. 

Jadi kamu bakal diajarin dari hal dasar sampai dengan pendalaman untuk mengemudikan mobil. Maka dari itu, banyak loh yang memilih tempat kursus mengemudi Sidoarjo ini!

Selain dari segi materi, instruktur atau pengajarnya pun sangat bisa diandalkan. Mereka akan memastikan kalau kamu beneran bisa mengemudi. Mereka pun sangat sabar juga telaten dalam mengajari setiap siswa untuk mengemudikan mobil. 

Tempat kursus ini bisa jadi pilihan untuk yang lagi nyari kursus mengemudi Waru Sidoarjo karena lokasinya memang berada di Kecamatan Waru. Langsung hubungi untuk tanya paket kursus lengkapnya!

11. Kursus Mengemudi Mobil AMAN

  • Alamat: Ruko Taman Pd. Jati, Pojok, *PALING, SELATAN*, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61257
  • Jam buka: Senin – Sabtu jam 07.45 – 16.45 WIB
  • Nomor telepon: 0813-3182-6849
  • Website: https://kursus-mengemudi-mobil-aman.business.site/
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/aEkuCS3Fogu4WAdB6

Masalah utama yang sering dihadapi siswa dari kursus mengemudi adalah banyak lembaga kursusnya yang menyediakan mobil yang kurang terawat. Alhasil mereka kurang nyaman saat belajar. 

Itu tidak akan terjadi jika kamu belajar kursus mengemudi Sidoarjo dari lembaga satu ini. Lembaga Kursus Mengemudi Mobil AMAN punya armada yang kondisinya sangat terawat sekaligus pasti dalam keadaan yang prima. 

Mereka merawat mobil yang akan digunakan siswa untuk kursus dengan rutin. Jadi mesinnya oke, kondisinya bersih, full AC, dan juga nyaman buat dikendarai saat belajar. 

Instruktur yang ada di sini menjadi hal lain yang ditawarkan. Memang, instrukturnya sudah punya jam terbang yang tinggi. Buat ngajarin kamu dengan cepat, ya pasti bisa banget lah!

12. Mahir Kursus Mengemudi

  • Alamat: Perumahan Bluru Permai Blk. K – L No.26, Dusun Bluru Kidul, Bluru Kidul, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61233
  • Jam buka: Senin – Kamis jam 09.00 – 16.00 WIB, Jumat jam 09.00 – 11.00 WIB
  • Nomor telepon: 0838-2933-0203
  • Facebook: https://www.facebook.com/profile.php?id=100092331790275&mibextid=ZbWKwL
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/WS8S82Q4dvnNkLvQ8

Nggak perlu bingung kalau mau milih tempat kursus mengemudi Sidoarjo. Kamu bisa kok pakai jasa dari lembaga MAHIR Kursus Mengemudi. Di sini harganya standar. Nggak mahal dan nggak murah juga. 

Malah bisa dibilang kalau harganya sama dengan banyak lembaga kursus mengemudi lainnya. Di sini tarif belajar untuk 10 jam yakni Rp 650 ribu. Itu akan dibagi menjadi lima kali pertemuan. 

Jadi untuk sekali pertemuan, kamu dapat jatah kursus selama dua jam. Dalam lima kali pertemuan itu, mungkin kamu sudah cukup mahir dan berani untuk mengemudikan mobil sendiri. 

Coaching di tempat kursus mengemudi Sidoarjo ini juga top banget. Keren banget deh coach atau instrukturnya. Pas belajar nyetir di sini, banyak yang bilang kalau belajar di sini nggak bikin gugup. 

13. Kursus Mengemudi Mobil Nevy

  • Alamat: Perumahan, Jl. Graha Permata Sidorejo Indah No.12, Sidorame, Sidorejo, Kec. Krian, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61262
  • Jam buka: Setiap hari jam 07.00 – 17.00 WIB
  • Nomor telepon: 0812-2224-7881
  • Website: http://www.nevy.id.com/
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/WLzTwpUvpEccoBn29

Nah kalau tempat kursus mengemudi Sidoarjo ini beda banget dengan yang lain. Kalau di tempat lain, kamu harus belajar dan nyatet materinya sendiri. Di sini enggak. Sudah ada buku panduan yang bisa kamu bawa pulang. 

Kalau ada buku panduannya, setelah belajar beberapa jam dari sini kamu bisa tuh lanjut buat belajar di rumah. Bukunya berkisar antara beberapa hal mulai dari hal mendasar sampai dengan yang intermediate. 

Mulai dari yang paling gampang sampai dengan metode yang sulit sudah dijelaskan dalam buku. Tidak hanya buku sebenarnya. Ada juga instruktur yang siap mengajarimu dengan baik. 

Kalau kata orang yang pernah belajar di sini, lembaga kursus mengemudi Sidoarjo ini instrukturnya ramah, sopan, dan jelas banget waktu ngajarin. Oh iya, biayanya Rp 650 ribu untuk lima kali pertemuan. 

14. Kursus Mengemudi Mobil Wijaya

  • Alamat: Jalan Raya Sepande RT. 9 RW. 3 Kauman, Perum Gading Fajar, Sepande, Kec. Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271
  • Jam buka: Setiap hari jam 08.00 – 17.00 WIB
  • Nomor telepon: 0851-0305-9800
  • Website: https://wijaya-kursus-mengemudi-mobil.business.site/
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/JTmrtMYtiN8pacxu5

Yok, lanjut ke rekomendasi tempat kursus mengemudi Sidoarjo lainnya. Salah satu tempat yang bisa kamu percaya untuk kursus mobil adalah Kursus Mengemudi Mobil Wijaya. Di sini emang nggak terlalu rame sih. 

Meskipun nggak rame, dari beberapa pelanggan lamanya bilang kalau mereka bisa ngajarin nyetir mobil dengan benar juga mudah. Salah satu alasannya karena mereka punya instruktur yang berpengalaman. 

Dengan pengalaman yang panjang sekaligus seorang praktisi, tentu jarang ada yang kecewa dengan caranya mengajar. Ingin menjadi salah satunya? Bisa banget langsung hubungi nomor di atas!

Oh iya, tempat kursus mengemudi Sidoarjo ini bisa kamu pilih juga kalau butuh jasa untuk sekalian mengurusi pembuatan SIM A dan bahkan SIM C. Harganya masih affordable kok. Dijamin deh prosesnya cepet. 

15. Defy Profesional Trainer

  • Alamat: Jl. Raya Pabean No.23, Dabean, Pabean, Kec. Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61253
  • Jam buka: Setiap hari jam 09.00 – 21.00 WIB
  • Nomor telepon: 0822-4595-0139
  • Website: https://defy-profesional-trainer.business.site/
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/MWa61j9oDBSbhZwt9

Murah banget! Itu yang mungkin keluar dari mulutmu waktu pertama tahu harganya. Tarif kursus mengemudi Sidoarjo di sini emang murah sih kalau dibandingin sama yang lain. 

Tahu nggak berapa harganya? Rp 450 ribu aja untuk lima hari pertemuan. Setiap pertemuan pun kamu bisa dapet jatah selama 2 jam. Ini jelas lebih murah daripada yang lain karena ada selisih sekitar Rp 150 ribuan. 

Di tempat lain harga normalnya mulai dari Rp 600 ribuan untuk layanan sejenis. Selain itu Defy Profesional Trainer ini punya keunggulan lain. Utamanya dari segi instruktur yang mereka miliki. 

Banyak loh yang memuji instrukturnya karena emang sabar buat ngajarin siapapun yang kursus. Telaten juga sih. Cara ngajarnya juga oke. Sering beri tips dan trik juga biar lancar mengemudi. Overall, oke banget tempat kursus mengemudi Sidoarjo ini. 

Nah, dengan beberapa referensi yang udah kami berikan, kamu bisa loh langsung hubungi nomor yang ada. Dijamin deh setelah pilih kursus mengemudi Sidoarjo yang ada, langsung bisa nyetir!

FAQ 

Kursus Mobil Itu Apa?

Kursus mobil merupakan kegiatan bimbingan belajar mengenai keterampilan dalam mengendarai atau mengemudikan mobil. Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan sekaligus pengetahuan pada semua pengguna jasa kursus. 

Berapa Kursus Stir Mobil?

Tarif yang perlu kamu bayarkan untuk kursus mengemudi mobil bervariasi. Mulai dari Rp 450 ribu – Rp 2 juta tergantung dengan jenis mobil dan pakai layanan tambahan urus SIM A atau tidak. 

Nyetir Mobil Minimal Umur Berapa?

Batas minimal usia mengemudi mobil adalah 17 tahun. Jadi, pastikan umur kamu sudah mencukupi untuk bisa mengambil kursus mengemudi mobil Sidoarjo.

Berapa Lama Orang Belajar Mengemudi Mobil?

Tergantung pada paket yang dipilih. Umumnya, dengan lima hari atau lima kali pertemuan, seseorang sudah cukup untuk mengetahui dasar-dasar mengemudikan mobil. Butuh lebih dari lima hari untuk dikatakan sangat mahir mengemudi. 

Apakah Menyetir Mobil Manual Itu Susah?

Belajar mobil manual memang tidak mudah. Pasalnya kamu harus bisa mengoperasikan rem, pedal kopling, gas, juga transmisi dengan benar. Hanya saja, bisa lebih mudah dengan ikut kursus mengemudi. 

Apakah Kursus Stir Mobil Langsung Dapat SIM?

Ada lembaga kursus yang sekaligus menyediakan jasa mengurus SIM A dan ada juga yang tidak. Apakah langsung dapat SIM? Jawabannya adalah tergantung permintaan dari pihak yang ikut kursus. 

Firdaus Al Faqi adalah seorang Content Writer berpengalaman asal Situbondo, Jawa Timur. Dari tahun 2019, ia telah berkecimpung di dunia tulis-menulis. Saat ini aktif menulis di berbagai media seperti Mojok.co, Pikiran Rakyat, Bangun Bisnis dan Alamat Bagus.