10 Tempat Kursus Stir Mobil Jogja Terbaik, Langsung Jago!

Lancar nyetir mobil bisa dilakukan dengan banyak latihan. Kalau masih belum bisa bahkan dasar-dasarnya, mungkin ada baiknya ikut kursus stir mobil Jogja di tempat yang kami rekomendasikan di dalam artikel ini. 

Les atau kursus stir mobil emang perlu biaya. Tapi keuntungannya kamu bisa lebih cepat paham sekaligus bisa lebih cepat lancar untuk mengemudi. Kalau otodidak, waktunya akan lebih lama dari biasanya. 

Belajar otodidak emang murah. Tapi nggak ada yang menjamin keselamatan sekaligus kamu bisa mengemudi atau tidak. Jadi memang akan lebih menguntungkan jika kamu langsung kursus aja. 

Tempat Kursus Stir Mobil Jogja

Nah biar nggak bingung memilih tempat kursus stir mobil terdekat yang ada di Jogja, berikut ini kami rekomendasikan saja beberapa tempatnya. Yuk, langsung cek di sini: 

1. Kursus Setir Mobil Restia

  • Biaya: Rp 250.000
  • Alamat: Jl. Gedongkuning Selatan No.116, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171
  • Jam buka: Setiap hari jam 09.00 – 17.00 WIB
  • Nomor telepon: 0812 2767 2020
  • Website: http://restiasetirmobil.blogspot.com/
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/euMNeFytCtQMY2BL7

Salah satu tempat kursus stir mobil terdekat murah yang bisa kamu pilih adalah Kursus Setir Mobil Restia. Di sini kamu udah bisa belajar nyetir dengan harga Rp 250.000-an aja. Itupun udah bakal diajarin sampai bisa. 

Tempat kursus stir mobil Jogja ini memang kami rekomendasikan karena beberapa alasan. Misalnya saja kamu bisa dapet instruktur atau pengajar yang ramah dan juga sabar dana memberi tahu cara menyetir yang benar. 

Fasilitas yang diberikan pun lengkap. Armadanya juga bervariasi. Unit armada yang ada di sini berupa mobil Avanza dan Xenia. Saat dikendarai untuk belajar menyetir pun enak. 

Selain itu, di tempat kursus ini kamu bisa dapet pembelajaran yang sesuai dengan jadwal. Nggak ada yang namanya telat atau terlambat. Tempat Kursus Setir Mobil Restia sangat kami rekomendasikan. 

2. Naswa Stir Mobil

  • Alamat: Jl. Kerto No.12, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165
  • Jam buka: Setiap hari jam 08.00 – 16.00 WIB
  • Nomor telepon: 0877 3811 1185
  • Website: http://www.naswa-mobil.com/
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/rkfRF19Ea7fiJEKk8

Naswa Stir Mobil bisa jadi opsi terbaik jika kamu ingin belajar menyetir. Tempat kursus stir mobil Jogja ini sudah berdiri dari tahun 2006 dan punya visi yang baik untuk memberikan latihan bagi siapapun untuk mengemudi. 

Dengan adanya instruktur yang berpengalaman, Naswa Stir Mobil akan membuatmu latihan menyetir dengan aman dan bisa bikin kamu lebih percaya diri saat menyetir. Layanan di sini juga bagus. 

Mereka hanya menyediakan 1 mobil untuk 1 siswa agar lebih fokus. Selain itu ada jasa antar-jemput gratis saat jadwal kursus. Trainernya yang paling penting, mereka sangat ramah dan juga berpengalaman 

Setelah kursus di sini, kamu pun bisa dapat sertifikat yang mungkin di kemudian hari bisa jadi pendukung ketika akan membuat SIM. Paling menarik, harganya yang nggak jauh berbeda dengan tempat kursus stir mobil Jogja lainnya. 

Harga kursus stir mobil terdekat di Jogja ini mulai dari Rp 280.000-an aja. Di sini ada tiga paket utama yakni Paket Matic/Manual, Paket Mobilio, dan Paket Umum. Langsung aja cek websitenya kalau penasaran dengan info lebih lanjut. 

3. LKP JDS

  • Biaya: Mulai dari Rp 225.000
  • Alamat: Modalan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198
  • Jam buka: Setiap hari jam 08.00 – 21.00 WIB
  • Nomor telepon: 0821 3793 7755
  • Website: kursusmengemudijogja.com
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/gGZzYYxXWGTXrKac8

LKP JDS bisa jadi opsi terbaik saat kamu butuh kursus stir mobil Bantul yang berkualitas dan harganya murah. Dengan hanya mulai Rp 225.000 aja, kamu udah bisa belajar mengemudi di sini. 

Tempat kursus stir mobil Jogja ini udah ada dari tahun 2010. Jadi kalau sampai saat ini, mereka udah punya pengalaman lebih dari 10 tahun yang sekaligus jadi bukti kualitas tempat kursusnya. 

LKP JDS menawarkan program yang bisa bikin kamu jago mengemudi dalam waktu singkat. Di sini pun ada program pelatihan untuk mobil dengan transmisi manual serta otomatis dan kamu bakal dipandu oleh seorang instruktur profesional. 

Tempat kursus stir mobil Jogja ini pun memiliki kurikulum kursus mengemudinya sendiri. Mulai dari hal dasar dalam mengemudi sampai dengan cara mengatasi situasi kritis ketika berkendara. Intinya, di sini pembelajarannya lengkap. 

Di sini jadwal latihannya adalah dari jam 08.00 – 10.00 WIB dan tidak ada reschedule. Jika ingin mendaftar, wajib memberikan DP dengan nominal minimal Rp 100.000 dan sisa pembayarannya bisa dilunasi saat pertemuan pertama. 

4. Putri Driving Car

  • Biaya: Mulai dari Rp 425.000
  • Alamat: Jl. Pasir No.33, Patuk, Banyuraden, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55294
  • Jam buka: Senin – Sabtu jam 07.00 – 16.00 WIB, Minggu jam 08.00 – 15.00 WIB
  • Nomor telepon: 0857 9387 8737
  • Website: http://stirmobiljogja.com/
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/NaAepVfBm3q4LquB6

Salah satu tempat kursus stir mobil Jogja dengan layanan paling lengkap dan armada paling bervariasi adalah Putri Driving Car. Di sini, kebutuhanmu untuk belajar menyetir bisa terpenuhi. 

Ada dua pilihan program kursus yang tersedia. Ada Paket Kursus Stir Mobil Manual dan juga Paket Kursus Stir Mobil Automatic. Setiap paket yang ada ditawarkan dengan harga yang berbeda. 

Armada yang ada di sini terbilang lengkap. Kamu bisa naik Xenia, Avanza, Picanto, Brio, Jazz, Yaris, Suzuki Wagon R, Estilo, Gran Livina, City, Ford Fiesta, dan juga Toyota Calya yang jadi armada terbarunya. 

Ada yang menarik dari Putri Driving Car. Tempat ini adalah pilihan tepat bagi yang nyari kursus stir mobil instruktur wanita. Memang, Putri Driving car jadi salah satu tempat yang menyediakan Kelas Cowok dan Kelas Cewek. 

Jadi kalau kursus stir mobil Jogja di sini, kamu bisa lebih nyaman karena kelasnya dibedain. Fasilitas yang tersedia pun sangat lengkap. Instrukturnya ramah dan juga profesional. 

Sudah mahir mengemudi? Yuk, cobain rental mobil Jogja untuk jalan-jalan bersama keluarga.

5. Kursus Stir Mobil Alfin

  • Biaya: Mulai dari Rp 320.000
  • Alamat: Taman Denggung, Jaran, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511
  • Jam buka: Setiap hari jam 07.00 – 21.00 WIB
  • Nomor telepon: 0813 2714 3607
  • Website: https://kursusstirmobilalfin.com/
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/fCoUaHGK2wJ56h197

Belajar stir mobil di Jogja bisa melalui Kursus Stir Mobil Alfin. Di sini, kamu udah bisa belajar mengemudi dengan biaya mulai dari Rp 320.000. Itupun kamu udah bisa belajar mobil manual maupun otomatis. Detail paketnya ada di website mereka, cek aja. 

Jika memilih tempat kursus stir mobil Jogja satu ini, yang bisa kamu dapetin adalah pembelajaran mulai dari hal dasar sampai dengan pembelajaran lebih lanjut. Kalau hal dasar, dimulai dari Penjelasan Dasar, Pengenalan Panel, dan Teknik Dasar. 

Setelah mengikuti tahap dasar, kamu bakal lanjut belajar ke tahap menengah dan terakhir adalah tahap lanjut mengemudi. Tempat ini bisa jadi tempat belajar yang tepat agar lebih cepat mahir mengemudikan mobil. 

Kursus Stir Mobil Alfin ini sudah ada dari tahun 2017. Pengalaman lebih dari 5 tahun tentu cukup untuk memberimu layanan terbaik. Mereka pun punya instruktur profesional yang siap membimbing dari awal sampai bisa mengemudi. 

6. LPK Sejahtera

  • Biaya: Mulai dari Rp 200.000
  • Alamat: Jl. Mgr. Sugiyo Pranoto, Area Sawah, Trirenggo, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55711
  • Jam buka: Setiap hari jam 08.00 – 17.00 WIB
  • Nomor telepon: 0877 3924 9369
  • Website: https://kursusstirbantul.blogspot.com/
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/9eUXJPtdv8U1Dshn6

Lagi butuh tempat les stir mobil Jogja yang biayanya murah? Pilihanmu bisa tertuju pada LPK Sejahtera. Di sini kamu hanya perlu bayar Rp 200.000 untuk bisa les mengemudikan mobil. 

Di tempat ini, kamu bisa dapet banyak keuntungan. Misalnya hanya ada satu siswa dalam satu mobil, jadi nggak bareng peserta lain. Tempat kursus stir mobil Jogja ini ingin membuatmu lebih fokus ketika belajar. 

Saat kamu tidak bisa hadir dalam jadwal yang ditentukan, tidak akan ada sistem hangus seperti yang banyak diterapkan di tempat kursus mengemudi lainnya. Selain itu nggak ada juga biaya tambahan seperti biaya pendaftaran. 

Menariknya lagi nih di sini kamu bisa dapet sertifikat. Jika ingin mendapatkannya, kamu bisa bayar Rp 25.000 saja. Murah banget, kan? 

7. Haskal Kursus Stir Jogja

  • Biaya: Mulai dari Rp 300.000
  • Alamat: Maredan E39, RT.05/RW.41, Kemasan, Sendangtirto, Kec. Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55573
  • Jam buka: Setiap hari 24 jam
  • Nomor telepon: 0813 4769 7285
  • Website: https://haskalkursusstir.com/
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/jgSCaBmyhmBFZam49

Selain beberapa tempat kursus stir mobil Jogja di atas, kami juga merekomendasikan Haskal Kursus Stir Jogja. Dengan biaya mulai dari Rp 300.000 aja, kamu udah bisa dapet salah satu paketnya. 

Dalam paket tersebut, kamu dapet jatah 3 kali pertemuan. Dalam satu kali pertemuan kamu bisa belajar mengemudi selama 5 jam latihan. Tentu dengan biaya itu, hitungannya memang terbilang murah. 

Ada satu hal yang bikin kami merekomendasikan tempat ini. Haskal Kursus Stir Jogja ini bisa ngajarin dengan cepat, nyaman, juga menyenangkan. Alasannya karena instrukturnya emang profesional dan jago banget ngajarin orang. 

Tempat kursus stir mobil Jogja ini pun punya satu keunggulan yang jarang dimiliki tempat kursus lain yakni penentuan jadwal  yang fleksibel. Beda banget sama tempat yang udah nentuin jadwal di awal. 

Selain itu keunggulannya punya banyak materi kursus yang detail dan lengkap tapi dengan penyampaian yang menyenangkan. Bahkan di tempat ini bisa mulai les jam 05.00 pagi, loh. 

8. Kursus Stir Mobil Jogja Agilis

  • Biaya: Hubungi admin
  • Alamat: Jl. Lempuyangan Tengah DN III No.220, RT.010/RW.003, Bausasran, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55211
  • Jam buka: Setiap hari 24 jam
  • Nomor telepon: 0851 7334 1906
  • Website: – 
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/pgNkzxbXvoPPYNMC8

Salah satu tempat kursus stir mobil Jogja yang juga kami rekomendasikan adalah Kursus Agilis. Di sini kamu bakal bener-bener diajarin dari nol sampai mahir dalam mengemudikan mobil. 

Keunggulan dari tempat kursus ini sendiri ada banyak. Misalnya tempat mereka ada di lokasi yang strategis, jadi gampang buat dijangkau. Waktu latihannya pun fleksibel, bisa menyesuaikan dengan jadwalmu. 

Menurut informasi, harganya murah. Tapi nggak ada nominal yang disebutkan secara detail. Daftarnya pun sangat mudah karena kamu udah bisa belajar di sini dengan daftar lewat WhatsApp doang. 

Tempat kursus stir mobil Jogja ini juga punya keunggulan dari sisi instruktur. Yap, banyak peserta kursus yang mengakui kalau instruktur di sini top banget. Mereka ramah, sabar, telaten, dan pokoknya nggak kayak tempat kursus lain. 

9. Alfattaah Kursus Stir Mobil

  • Biaya: Hubungi admin
  • Alamat: Jl. Nangka III Jl. Karangnongko No.46, Sanggrahan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282
  • Jam buka: Setiap hari jam 08.00 – 17.00 WIB
  • Nomor telepon: 0857 0115 5141
  • Website: – 
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/4gWy4wBccr1NbFkT9

Dengan hanya paling tidak 4 kali pertemuan, belajar di tempat kursus stir mobil Jogja satu ini banyak yang udah lancar mengemudi. Inget, lancar ya. Bukan jago. Kalau mau jago mah tetap harus banyak latihan sendiri. 

Dari tempat ini kamu bisa dapet banyak hal. Contohnya nih, setiap pemula yang baru belajar bakal diajarin tips dan trik untuk lebih mudah mengendarai mobil, selain itu kamu pun bakal dapet penjelasan yang sistematis dari instrukturnya. 

Yap, instruktur di sini bukan kaleng-kaleng emang. Mereka bisa jelasin dengan detail tentang hal-hal dasar sampai dengan hal lanjut dari mengemudi. Jadi nggak cuma asal nyuruh gas doang. 

Tempat kursus stir mobil Jogja ini pun cocok banget bagi para pemula yang bahkan nggak tahu sedikitpun tentang metode berkendara. Mereka sabar banget waktu ngajarin peserta kursusnya. 

10. Rahma Stir Mobil

  • Biaya: Hubungi admin
  • Alamat: Jl. Kenanga Candi 3, Candi, Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
  • Jam buka: Setiap hari jam 08.00 – 17.00 WIB
  • Nomor telepon: 0877 3406 9429
  • Website: – 
  • Rute maps: https://goo.gl/maps/b4oSg1ey2vxba8ee8

Tempat kursus stir mobil Jogja yang berkualitas itu bisa dilihat dari review para alumni peserta kursus tentang instrukturnya. Pasalnya yang paling berperan penting adalah instruktur atau pengajarnya itu sendiri. 

Kalau ulasan pada instrukturnya rata-rata positif, maka kamu bisa memercayai tempat kursus stir mobil tersebut. Nah, salah satu yang bisa kamu percaya adalah Rahma Stir Mobil. Tempat ini emang top banget instrukturnya. 

Kamu bakal bener-bener diajarin dari nol atau bahkan dari saat kamu nggak tahu apa-apa tentang stir mobil. Pelatihnya bakal ngajarin kamu dengan sangat sabar dan telaten ketika dalam jadwal.

Satu lagi nih yang bagus. Mereka punya rute belajar berkendara yang tidak membosankan karena memang cukup variatif. Kalau mau tanya harga atau biaya kursus stir mobil Jogja ini, hubungi nomor yang ada ya!

Alasan Ikut Kursus Stir Mobil

Memang, sih belajar mengemudi secara otodidak atau minta bantuan keluarga maupun saudara akan lebih murah. Tapi biasanya belajarnya lama karena nggak semua orang yang bisa mengemudi bisa ngajarin dengan bener. 

Itu juga yang jadi salah satu alasan kenapa kamu harus ikut kursus stir mobil. Selain itu, kamu pun harus ikut karena beberapa alasan ini: 

1. Punya Pembelajaran yang Komprehensif

Saat kamu belajar langsung ke tempat kursus, hal yang kamu dapatkan adalah pembelajaran yang komprehensif alias lengkap. Beda banget kalau belajar dari keluarga, teman, maupun saudara. 

Kebanyakan paling cuma belajar tentang cara pakai setir, pedal gas, kopling, mindahin transmisi, dan beberapa hal teknis lainnya. Tentu itu nggak cukup buat jadi ahli dalam mengemudi. 

Masih ada banyak hal yang perlu dipelajari ketika mengemudi. Contohnya aja mental ketika mengemudi, kemampuan pengambilan keputusan, pemahaman terhadap rambu-rambu, etika dalam berkendara, dan juga yang lainnya. 

Hal itulah yang nggak bakal kamu dapetin ketika belajar secara otodidak. Nah kalau belajar di tempat kursus stir mobil Jogja, kamu bisa dapet beberapa hal di atas. Enak, kan? 

2. Keamanan dalam Proses Belajar

Enggak, bukan kami ingin menakut-nakuti kalau belajar ke teman, keluarga, atau saudara itu nggak aman. Tapi memang jauh lebih aman lagi kalau belajar mengemudi langsung ke tempat kursus aja. 

Belajar nyetir otodidak itu nggak punya jaminan keamanan. Nggak cuma keamanan bagi pihak yang lagi belajar aja, tapi juga keamanan buat orang-orang yang ada di sekitar. 

Beda banget kalau kamu ikut kursus stir mobil Jogja atau tempat kursus mengemudi, mereka akan mengambil tanggung jawab terhadap keamananmu. 

3. Punya Instruktur Profesional

Penyelenggara kursus stir mobil tentu punya instruktur profesional yang siap mengajarimu dari hal paling mendasar sampai dengan hal lanjut. Selama proses belajar, kamu pun bisa dapet pendampingan. 

Nggak cuma ngajar dan mengawasi saja, instrukturnya juga akan jagain kamu. Jadi, kamu bakal diletakkan dalam kondisi agar tidak melakukan kesalahan yang fatal. 

Kalaupun melakukan kesalahan, instrukturnya bisa meminimalisir dampaknya. Instruktur profesional yang ada pun bisa memberimu instruksi tepat seperti cara mundur yang aman, trik parkir, dan mengemudi di tempat yang sempit. 

4. Biasanya Mobil Sudah Dimodifikasi

Guna mengurangi potensi kecelakaan saat belajar, Mobil yang kamu pakai biasanya udah dimodifikasi. Biasanya ada tambahan pedal rem juga kopling di bagian sebelah pengemudi. 

Di situlah instruktur dari tempat kursus stir mobil Jogja akan duduk dengan menjaga dan mengawasimu kalau ada kesalahan saat belajar berkendara. 

Beda halnya saat kamu belajar sendiri. Orang yang mendampingimu nggak punya kontrol. Saat kamu bikin kesalahan, pendampingmu nggak bisa berbuat banyak. Tapi di tempat kursus, instrukturnya bakal langsung nginjek rem. 

5. Fasilitas Lengkap

Nggak semua orang punya mobil pribadi. Bahkan pinjem ke temen atau tetangga buat belajar nyetir juga belum tentu dibolehin. Itulah kenapa kamu harus ikut kursus stir mobil Jogja saja. 

Di tempat kursus, kamu bisa langsung belajar mengemudi tanpa perlu punya kendaraan atau mobil sendiri. Penyelenggara kursus yang bagus juga biasanya punya banyak armada. Mau itu matic atau manual dan jenis sedan maupun MPV. 

6. Ada Sertifikasi

Nah ini nih yang nggak kalah penting dan kenapa kamu harus ikut kursus stir mobil Jogja. Biasanya setelah selesai kursus, kamu bakal dapet sertifikat. Dan fungsi dari sertifikat itu adalah untuk bikin SIM A. 

Dengan adanya sertifikat tersebut, pembuatan SIM bisa diproses lebih cepat dibandingkan yang tidak punya sertifikasi. Pihak kepolisian pun udah bikin wacana kalau mau dapet SIM, harus punya sertifikat kursus mengemudi dulu. 

Tapi jangan lupa, pastikan kalau tempat kursusmu itu yang udah tersertifikasi dan punya track record positif biar nggak dapet sertifikat abal-abal dan nggak berguna untuk buat SIM A. 

FAQ

Apakah Bisa Belajar Mobil Otodidak?

Bisa saja. Tapi ada banyak risiko yang dapat terjadi seperti merusak mobil, menabrak orang lain, kebiasaan yang salah dalam mengemudi, kurang terampil, dan tidak punya pengetahuan yang cukup luas. 

Berapa Biaya Kursus Stir Mobil?

Biaya kursus stir mobil bervariasi. Ada yang ditawarkan mulai dari Rp 225.000 – Rp 1.400.000 tergantung dengan paket, program, serta tempat kursus yang dipilih. 

Berapa Lama Bisa Nyetir Mobil?

Berdasarkan Keputusan Menteri, jumlah jam pelajaran seseorang bisa lancar mengemudi kendaraan bermotor paling sedikit selama 80 jam. 

Apakah Kursus Mengemudi Langsung Dapat SIM?

Pada beberapa lembaga kursus stir mobil yang terpercaya dan punya track record bagus, kamu bisa langsung dapet SIM A dan sudah tidak perlu repot mengurusinya lagi ke pihak kepolisian. 

Kursus Mengemudi Minimal Umur Berapa?

Selain sehat jasmani dan rohani, siapapun yang ingin mengemudi minimal sudah berusia 17 tahun. Di bawah itu tidak boleh. 

Firdaus Al Faqi adalah seorang Content Writer berpengalaman asal Situbondo, Jawa Timur. Dari tahun 2019, ia telah berkecimpung di dunia tulis-menulis. Saat ini aktif menulis di berbagai media seperti Mojok.co, Pikiran Rakyat, Bangun Bisnis dan Alamat Bagus.